alexametrics

BSN Dorong Industri Jateng Terapkan SNI

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Badan Standardidasi Nasional (BSN) mendorong pelaku industri di Jateng menerapkan SNI. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggelar ‘E-Bike Ride: Konvoi Kendaraan Listrik dan Sepeda Ber-SNI’ di wisma Perdamaian Minggu (6/10) mendatang. Kegiatan ini sendiri mendukung Program Langit Biru yang memiliki tujuan mengendalikan dan mencegah pencemaran udara.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi BSN Iryana Margahayu mengatakan, BSN menggandeng Jateng menjadi tempat pelaksanaan E-Bike Ride karena provinsi ini berkomitmen tinggi dalam mendukung Program Langit Biru.

“Jateng menjadi provinsi penerima penghargaan Efisiensi Energi Nasional dari Menteri ESDM 5 kali berturut-turut sejak tahun 2014. Jateng dinobatkan sebagai sebagai Juara 1 untuk Kategori Penghematan Energi di Lingkungan Pemerintah Daerah,”katanya.

Baca juga:  BI Jateng Sediakan Uang Pecahan Rp 22,7 Triliun

Menurut Iryana, Jateng juga menjadi salah satu provinsi yang memiliki komitmen untuk mengembangkan dan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Dari data BSN sampai September lalu, sudah ada 221 indutsri yang menerapkan SNI mulai dari industri elektrik dan elektronika, makanan dan air mineral, mainan anak, pakaian bayi, baja, batik, dan sebagainya.

“Jateng  pun menjadi sentra role model penerapan SNI. Selama beberapa tahun terakhir, BSN telah membina 33 UMKM untuk menerapkan SNI di Jawa Tengah. Dari jumlah tersebut, 14 UMKM sudah tersertifikasi SNI,” jelasnya. (den/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya