alexametrics

Ajak Generasi Muda Berwirausaha

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Sebanyak 10 peserta dari kota Semarang, lolos regional selection dalam kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge (DCS|X). Sebanyak 10 peserta ini memiliki ide atau gagasan dalam berwirausaha dari berbagai bidang.

Juri Regional Selection DSC|X Yoga Muda Aditya, menjelaskan jika banyak wirausahawan Semarang yang memiliki ide baru yang tidak kalah menarik. Contohnya adalah penggunan limbah plastik untuk kebutuhan bahan bangunan.

“Misalnya E-Paving atau Environment Paving karena memiliki ide untuk menggunakan bahan limbah plastik yang di-press dengan menggunakan mesin hidrolik, sehingga menghasilkan paving blok,” katanya Selasa (1/10).

Ia menerangkan Ajang DSC|X ini berhasil meraih antusiasme tinggi dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara online pada 15 Mei hingga batas waktu penyerahan proposal pada 17 Agustus 2019.

Baca juga:  Vaksin Rasa Piknik di Sam Poo Kong

Dari seluruh proposal yang masuk tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam 7 kategori bisnis, yaitu Agrobisnis, Food & Beverage, Kriya & Fashion, Startup Digital, Teknologi Terapan, Services, dan kategori lain-lain. “Kami menerima 12.500 proposal bisnis rintisan yang didimonasi kaum milenial,” jelasnya.

Untuk regional Semarang, selain E-Paving ada sembilan bentuk usaha lainnya yakni Indofishery, Nyayur. id, Lindungi Hutan, SAPARO, AGROZONE, Willsound, Iwoodys.com, Psikologi Nusantara, dan Mie Tek Tek Instant. Rencananya, masing-masing inovasi ini akan kembali di uji dalam National Selection di Jakarta dan Surabaya pada awal hingga pertengahan Oktober 2019.

“Kemudian akan ada 100 proposal yang di uji. Nantinya akan dipilih 20 finalis yang dihasilkan dari babak tersebut berhak maju dan mempersiapkan dirinya di ajang Incubation Session, atau pembekalan pengetahuan dan pendamalan kepada peserta,” paparnya. (den/ap)

Baca juga:  Menulis Artikel Guru dengan Metode ATM

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya