alexametrics

Ganjar Siapkan Kongres Sampah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap menjadi tuan rumah gelaran kongres sampah yang rencananya akan diselenggarakan pertengahan Oktober nanti. Persoalan sampah memang menjadi persoalan yang mendapat perhatian serius dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dikatakan Ganjar, kongres sampah ditujukan untuk mencari solusi penanganan masalah sampah. Segala persoalan dari hulu hingga ke hilir akan dikaji oleh orang-orang yang memiliki kompetensi di dalamnya.

”Yang terpenting adalah mengubah perilaku masyarakat kita. Kita harus memulai dari sekarang untuk bisa mengatasi persoalan ini,” ujarnya.

Pegiat Bank Sampah Alam Pesona Lestari Semarang Sri Ismiyati menceritakan, bertahun-tahun konsentrasi dengan penanganan sampah, ia memang mengalami kesulitan untuk mengubah perilaku masyarkat. Sosialisasi hingga tingkat bawah tampaknya belum cukup optimal untuk membiasakan masyarakat peduli terhadap persoalan sampah.

Baca juga:  Empat Rekomendasi untuk Ganjar

”Sudah banyak yang bergerak. Bank sampah juga sudah ada di mana-mana tapi menumbuhkan kesadaran ini memang menjadi pekerjaan rumah yang harus ditemukan solusi dalam kongres yang akan digelar nanti,” ujarnya.

“Minimal, kongres sampah nanti bisa menghasilkan kebijakan untuk mengubah perilaku masyarakat tentang sampah,” tambahnya.

Menurut Ismi, kesadaran masyarakat yang tinggi secara otomatis akan menyelesaikan persoalan sampah. Ia pun menyarankan, dalam kongres sampah nanti ada psikolog khusus yang dapat mengubah mindset masyarakat tentang sampah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sumber Daya Air dan Tata Ruang Jawa Tengah Eko Yunianto mengatakan, untuk mengatasi persoalan sampah memang diperlukan peran dari banyak pihak. ”Peran serta masyarakat sangat diperlukan. Sehingga tidak hanya pemerintah saja. Ada juga unsur lain seperti pengusaha dan juga media,” terangnya. (sga/ton)

Baca juga:  Akses ke Tugu Muda Minggu-Senin Sore Ditutup

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya