alexametrics

Unnes Launching Smart Library

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) resmi melakukan launching perpustakaan pintar (smart library). Perpustakaan yang dinamai ‘Rumah Ilmu’ itu diharapkan bisa menjadi pusat kegiatan unggulan di Unnes.

“Adanya Smart Library ini harus bisa menjadi tulang punggung e-learning di masa depan,” kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Mohamad Nasir, usai peresmian kemarin.

RUMAH ILMU : Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek dikti), Mohamad Nasir, berbincang dengan mahasiswa usai meresmikan perpustakaan pintar di Kampus Unnes, kemarin.(ADENNYAR WYCAKSONO/RADARSEMARANG.ID)
RUMAH ILMU : Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek dikti), Mohamad Nasir, berbincang dengan mahasiswa usai meresmikan perpustakaan pintar di Kampus Unnes, kemarin.(ADENNYAR WYCAKSONO/RADARSEMARANG.ID)

Sesuai dengan namanya, Nasir berharap perpustakaan pintar nantinya bisa menjadi rumah ilmu bagi mahasiswa maupun dosen Unnes. Menurutnya perpustakaan pintar Unnes bisa menjadi salah satu pusat literasi dengan sistem digital. “Harus bisa dimanfaatkan dengan baik, bukan hanya menjadi sebuah museum,” tuturnya.

Melihat dari segi bangunan, perpustakaan yang baru saja di-launching Unnes ini sangat megah. Nasir meminta agar Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman bisa melengkapi perpustakaan dengan perkuliahan daring atau online. “Saya minta Pak Rektor menyediakan satu studio untuk bisa dibuat kuliah daring,” bebernya.

Baca juga:  Pengembangan Vaksin Nusantara Dihentikan, Ini Kata RSUP dr Kariadi

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman mengklaim jika perpustakaan pintar milik Unnes nantinya bisa menjadi tempat kegiatan unggulan di kampus. “Unnes adalah rumah ilmu. Segala aktivitas perguruan tinggi harus berbasis ilmu,” ucapnya.

Semua fasilitas dan pembangunan gedung, menurut Prof Fathur Rokhman tak lepas dari kebijkan Menristek Dikti yang mengeluarkan kebijakan memberikan ruang bagi perguruan tinggi untuk memanfaatkan dana masyarakat melalui jalur pendanaan mandiri.

“Jadi jalur mandiri Unnes diberikan kesempatan bagi orang tua yang mampu memberikan sumbangan berupa SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi), termasuk untuk membangun gedung ini,” pungkasnya. (den/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya