alexametrics

Adu Cerdas Gagasan Ekonomi Islam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kembangkan sistem perekonomian berbasis Islam, ratusan mahasiswa dari seluruh Indonesia mengikuti Olimpiade Ekonomi, Akuntansi Islam dan Perbankan Syariah. Mereka saling memberikan gagasan terkait peluang sistem tersebut dapat diterapkan dan berkembang di Indonesia. Serta membahas pilar-pilar apa saja yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tersebut.

Ketua panitia Festival Ekonomi Islam, Ratno Agriyanto menuturkan, olimpiade tersebut merupakan bagian dari Festival Ekonomi Islam yang diselenggarakan Universitas Islam Walisongo setiap tahun. Hal tersebut untuk semakin mengenalkan sistem ekonomi Islam sebagai alternatif yang dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya di Jateng. Para mahasiswa tersebut akan diberikan pertanyaan dan mengharuskan mereka menyelesaikan persoalan tersebut dengan basis ekonomi islam.

Baca juga:  UIN Walisongo Ciptakan Lulusan Toleran dan Wasathiyah

“Olimpiade kali ini di bagi tiga bidang. Yakni terkait ekonomi Islam, akuntansi Islam, dan perbankan syariah. Masing-masing bidang terdapat 10 tim dengan anggota 3 orang. Kami mengundang mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia baik umum maupun PT Islam untuk dapat menemukan ide-ide dan solusi terbaru perekonomian bangsa melalui sistem syariah islam,” ujarnya ketika diremui Jawa Pos Radar Samarang  Rabu (25/9).

Langkah tersebut mendapat dukungan dari Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Darodji. Menurutnya langkah tersebut tepat untuk mengiatkan ekonomi islam yang saat ini perannya belum cukup maksimal. Padahal potensi yang ada sangatlah mengiurkan mengingat 85 persen penduduk Indonesia beragama Islam. Dirinya menambahkan dengan adanya keterjaminan ekonomi menggunakan hukum islam akan memberikan banyak keuntungan bagi umat seperti menghindarkan mereka dari segala bentuk transaksi yang diharamkan agama.

Baca juga:  Teladani Sifat Welas Asih Kwam Im Po Sat

“Kalau bisa kita lihat penerapan ekonomi Islam khususnya lembaga keuangan seperti perbankan syariah saat ini baru 5 persen saja. Padahal potensi dan keuntungan yang di dapat dari sistem tersebut sangatlah besar. Sehingga olimpiade seperti ini sangatlah baik untuk mengakji dan mempelajari sistem ekonomi islam.yang baik sehingga bermanfaat bagi umat. Khususnya ide terkini dari para mahasiswa,” ujarnya. (akm/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya