alexametrics

Siswa SMP/MTs se-Jateng Adu Kecerdasan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Sebanyak 34 SMP/MTs dari berbagai daerah di Jateng, beradu wawasan dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Museum tingkat SMP/MTs se-Jateng di Museum Jawa Tengah Ronggowarsito, Senin (23/9) kemarin. Pemenang lomba bertema Cerdas dan Berbudaya ini, akan mewakili Jateng ke tingkat Nasional.

Kegiatan yang sudah berlangsung kali keempat ini merupakan program museum pusat. Kepala Musuem Ronggowarsito Jawa Tengah, Asih Widiastuti mengatakan bahwa LCC ini tidak hanya untuk mengasah ilmu yang berkaitan dengan museum, tapi juga menumbuhkan rasa cinta hingga kepedulian terhadap museum.

“Kami berharap generasi milenial semakin akrab dengan museum. Nah, ini salah satu kegiatan untuk mendekatkan museum dengan anak-anak,” ungkapnya di tengah acara LCC.

Baca juga:  Turunkan Tensi, Kolaborasi Bahas Kandidat

Semula, seleksi dilakukan di masing-masing kota dan kabupaten untuk mengirimkan satu sekolah terbaik. Peserta harus melewati tes tertulis dengan soal yang berkaitan dengan museum. “Kami memberikan kepercayaan kepada pemerintah daerah masing-masing untuk menyeleksi hingga terpilih satu nama sekolah yang dikirim ke sini untuk ke babak final. Kami akan memilih lima pemenang dan juara pertama mewakili Jateng ke tingkat Nasional,” timpal Kasi Pelestarian Museum, Laela Dewi.

Asih melihat antusiasme peserta yang ikut tinggi. Ke depan pihak museum ingin mengadakan di tingkat SD maupun SMA/SMK. Cara seperti inilah, milenial mau belajar mengenai museum, dengan metode berbeda. “Kami memang di ranah provinsi, lebih mudah mengandeng SMA. Kalau SD, kami akan rundingkan dengan pihak kabupaten/kota, terutama Kota Semarang. Semua jenjang pedidikan dekat dengan museum,” pungkas Asih. (ria/ida)

Baca juga:  Ada Agenda Besar dari Pertemuan Gerindra dan PDI Perjuangan Jateng?

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya