alexametrics

Semen Gresik Optimalkan Pelaku UMKM lewat CSR

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG- PT Semen Gresik terus menjalin hubungan baik dengan masyarakat di sekitar wilayah kerjanya. Salah satunya lewat pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masyarakat lewat program Corporate Social Responsibility (CSR). Hasilnya tentu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah kerja. Kepedulian Semen Gresik dalam mengangkat kearifan lokal melalui UMKM ini mebuahkan penghargaan Anugerah Jawa Pos Radar Semarang 2019.

Sebagai entitas bisnis pelat merah, Semen Gresik punya kewajiban menggali profit dan menyetorkan sebagian keuntungan kepada negara. Namun, di sisi lain, di tubuh perseroan, melekat tanggung jawab untuk menjaga lingkungan dan menyejahterakan masyarakat. Maka, salah satu misi sosial Semen Gresik adalah membina pelaku-pelaku UMKM. Karenanya, Semen Gresik sangat peduli pada pertumbuhan UMKM di Indonesia, dengan mendorong setiap UMKM binaan untuk mengangkat kearifan lokal pada produk-produk UMKM.

Baca juga:  BRI Sahabat Disablitas, Bantu Penyandang bisa Bersaing di Dunia Kerja

Direktur Utama PT Semen Gresik Mukhamad Saifuddin mengatakan, ini sebagai bentuk konsistensi tim Semen Gresik pada Mmasyarakat. Bukan lagi keuntungan yang menjadi prioritas perusahaan melainkan masyarakat yang dekat dengan perusahaan lah yang dipioritaskan.

“Tentu akan menjadi semangat untuk perusahaan kita lebih lagi dalam melayani masyarakat. Tidak hanya keuntungan yang perusahaan pikirkan melainkan masyarakat di sekitar kami ini juga perlu kami perhatikan,” ungkapnya.

Ia juga berterima kasih kepada masyarakat dan Jawa Pos Radar Semarang untuk kepercayaannya selama ini. Lewat penghargaan inilah pihaknya akan melebarkan sayap untuk merangkul lebih banyak lagi UMKM agar bisa maju bersama-sama.

“Acara yang sangat menginspirasi apa yang dilakukan Semen Gresik selama ini diapresiasi oleh media. Benefit juga harus kami berikan kepada lingkungan. Sosial dengan lingkungan itu saling melengkapi. Sudah menjadi tanggung jawab perusahaan. Kami ingin tumbuh bersama UMKM yang kami kelola. Mulai dari pemberian modal, pelatihan hingga bertemu dengan pasarnya. Lewat event pameran produk nasional hingga internasional ini lah kami ingin pelaku usaha lokal dapat mandiri nantiya,” tambahnya.

Baca juga:  Gorong-Gorong Ambles, Pemukiman Warga Kebanjiran

Sesuai yang dikatakannya hingga sekarang jumlah UMKM yang dibina Semen Gresik di angka ribuan. Semakin tahun jumlah tersebut terus naik. (ria/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya