alexametrics

Mulai Kamis, Dua Halte Wajib Cashless

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Dua halte atau shelter Trans Semarang, mulai Kamis (26/9) mendatang, akan mengaplikasikan transaksi non tunai atau cashless. Shelter tersebut adalah Shelter Balai Kota dan Shelter Simpang Lima.

Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan jika saat ini pihaknya terus menggenjot pertambahan transaksi non tunai untuk pengguna Trans Semarang. Targetnya sekitar 10 persen sampai akhir tahun.

“Dua shelter ini, hanya bisa digunakan untuk transaksi non tunai. Per Agustus kemarin, transaksi non tunai sudah mencapai 9,7 persen, dari total target 10 persen,” katanya Kamis (23/9) kemarin.

Untuk pendapatan, lanjut Ade, sampai Agustus lalu, mencapai Rp 19 miliar, dan sekitar Rp 1,8 miliar disumbangkan oleh transaksi non tunai. Secara total, target pendapatan perusahaan pada 2019 sejumlah Rp 31,94 miliar. Setelah shelter Balai Kota dan Simpang Lima, November mendatang berencana menambah dua halte lagi khusus transaksi non tunai.

Baca juga:  IUMK Mudahkan UMKM Kembangkan Usaha

“Tahun lalu pendapatan non tunai hanya 3 persen, ke depan akan kami tingkatkan agar lebih memudahkan masyarakat dalam menggunakan armada Trans Semarang,” tambahnya.

Ia menerangkan, terus digenjotnya kontribusi dari pendapatan non tunai, karena lebih mudah dan cepat. Ini memimalisir kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh petugas. “Untuk transaksi non tunai ini langsung masuk ke rekening perusahaan, sehingga lebih cepat dan meminalisir kecurangan,” bebernya.

Sesuai dengan Perwal 16A tahun 2017, tarif BRT Trans Semarang ditetapkan Umum Rp 3500 dan pelajar/mahasiswa/KIA Rp 1000 dan tidak berlaku untuk hari Minggu dan Hari Libur Nasional.

Ade menyebutkan, saat ini BLU UPTD Trans Semarang tengah bekerja keras meningkatkan pendapatan. Salah satunya dengan memberikan promo pembayaran non tunai, yakni Go Pay dan Link Aja. (den/ida)

Baca juga:  Sistem Cashless Trans Semarang Dicontoh Jogja

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya