alexametrics

Masih Banyak WC Helikopter

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Ratusan warga di wilayah RW XV Kelurahan Tanjung Emas, Kampung Tambak Lorok Semarang menempati rumah tidak layak huni. Mereka tidak mempunyai jamban. Akibatnya, ketika buang air besar langsung ke laut dengan cara membuat WC helikopter atau memanfaatkan perahu yang bersandar.

Ketua RW XV Kampung Tambak Lorok, Slamet Riyanto mengatakan dari sekitar 2.000 rumah di perkampungan nelayan tersebut, ada sekitar 500 rumah tidak memiliki jamban. Rumah ini tersebar di 9 RT.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan, untuk meningkatkan kualitas hidup bersih dan sehat di wilayah Tambak Lorok, saat ini telah dibangun 100 jamban pribadi di rumah warga. Ini merupakan bantuan dari para alumni perguruan tinggi di Jateng-DIJ. Ditargetkan, hingga 2019 telah dibangun 1.000 jamban di berbagai wilayah. “Di Tambak Lorok ini perlu 100  jamban, yang 40 sudah dipenuhi oleh IKA Undip dan yang 60 dari Kagama sehingga totalnya 100 bisa terpenuhi,” katanya.

Baca juga:  Jaga Eksistensi Seniman lewat Festival Tari Virtual

Pembangunan jamban di Tambak Lorok ini merupakan bagian dari kegiatan Caring for Nation 3. Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Kagama, IKA Undip, IKA Unnes, IKA UNS, IKA Unsoed ini dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Sabtu-Minggu (21-22/9). (hid/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya