alexametrics

Jateng Fokus Garap Sport-Tourism

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Daya tarik wisata alam dikombinasikan dengan olahraga mejadi fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, untuk menarik wisatawan ke Jateng. Pengembangan sport-tourism memang sesuai dengan rencana induk pengembangan pariwisata Jateng.

”Sudah kami galakkan. Potensinya ada, kemudian bagaimana nanti teknik penjualannya,” ujar Kepala Seksi Pengembangan Pasar Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Tanti Apriani.

Seperti ia contohkan, event kejuaraan internasional gantole di Telomoyo yang sudah kali kelima digelar. Tidak menutup kemungkinan, daya tarik seperti ini akan dikembangkan ke beberapa daerah lainnya. Salah satu daerah yang dibidik adalah Karimunjawa dengan pemandangan yang cukup menjual.

”Di Karimunjawa kalau dikembangkan aero sport, saya rasa akan sangat menarik. Hanya saja, ini sedang dikonsep. Karena dari sisi transportasi dan keamanannya juga masih harus dikaji,” ujarnya menjelaskan.

Baca juga:  Kendal Serius Kembangkan Sport Tourism

Beberapa daerah di Jateng sudah mengembangkan sport tourism ini. Seperti di Karanganyar. Di Kebumen dan Batang, disebut Tanti, juga sudah mulai bergeliat. ”Kita akan galakkan potensi-potensi ini. Pemerintah provinsi dan Kementerian akan mendukung,” ujarnya.

Dikatakan, daya tarik utama Jawa Tengah memang masih ada pada wisata alam. Potensi ini pula yang akan dimanfaatkan pemerintah provinsi untuk menarik negara-neraga, seperti Arab, yang tidak memiliki alam yang hijau.

”Kami tarik mereka untuk datang ke Dieng. Aksesibilitasnya juga sudah mulai bagus,” ujarnya dengan menambahkan bahwa wisatawan ke Jateng naik hampir 300 persen di tahun 2018.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng, Sinoeng N Rachmadi mengatakan, destinasi wisata alam Jateng memang paling banyak dikunjungi. Ia menilai, saat ini sudah menjadi trend di masyarakat lebih senang kembali ke alam untuk berwisata.

Baca juga:  AXIS Gelar Pop Up Campus di Yogyakarta

Di Jateng, objek wisata alam ini tersebar di sejumlah kota/kabupaten. Seperti di Solo, Wonosobo, Tegal, Magelang, Banyumas, Jepara, Tegal, Semarang dan beberapa daerah lainnya. ”Seperti dataran tinggi, pegunungan, air terjun, sungai, pantai dan lainnya menjadi lokasi favorit untuk berkumpul bersama keluarga,” terangnya. (sga/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya