alexametrics

PKB Bidik Sembilan Kepala Daerah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah siap mewujudkan target realistis dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jateng pada 2020.  Dari 21 kabupaten/kota di Jateng yang akan menggelar Pilkada, PKB membidik kemenangan di 9 daerah. PKB bisa mengusung sendiri kadernya di 9 daerah itu.

Sembilan daerah tersebut yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kendal, Pemalang, Kebumen, Purbalingga, Wonosobo, Demak, dan Blora. “Daerah tersebut sangat berpotensi PKB bisa mengusung sendiri dan mengambil kursi bupati atau wali kota,” tegas Sekretaris DPW PKB Jateng, Sukirman.

Ia menambahkan, di 9 daerah itu, PKB memiliki kursi cukup banyak di legislatif. Sehingga, diharapkan dapat berpengaruh pada suara calon kepala daerah yang diusung partai berlambang bola jagat dengan sembilan bintang itu. Selain itu, kader yang ada juga solid dan siap untuk memenangkan partai di daerah masing-masing.

Baca juga:  Nataru, Elektronik Banjir Promo

Sementara pada Pilkada di Kota Semarang, PKB masih membidik kursi wakil wali kota. Saat ini PKB memiliki 4 kursi dari total 50 yang ada. Meski begitu, pihaknya optimistis bisa memenuhi ekspektasi yang ada. “Kota Semarang kami membidik wakil wali kota,” ujarnya.

Selain Kota Semarang, DPW juga membidik kursi orang nomor dua di enam daerah lain. Yakni, Kabupaten Semarang, Grobogan, Sragen, Purworejo, Rembang, dan Kota Magelang. Sementara di Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali, PKB tidak bisa menyiapkan kader terbaiknya. “Lima daerah itu kecil. Jadi kami ikut saja, berkoalisi dengan partai lain,” tambahnya.

Saat ini PKB tengah melihat peta politik dan menjalin komunikasi dengan partai lain, seperti PDI Perjuangan dan Partai Golkar. Namun, tak menutup kemungkinan dengan partai lain dalam waktu dekat ini. “Kami terus menampung aspirasi dari semua pihak, termasuk dari NU secara kelembagaan. Serta meminta masukan ke kiai- kiai. Untuk koalisi, kami fleksibel, tidak harus sama dengan pusat, kearifan lokal lah,” tambah Sukirman. (fth/ton)

Baca juga:  Gagal Dapat Kerja, Gantung Diri Pakai Selang

 

 

Sembilan Daerah Basis PKB

  1. Kota Pekalongan
  2. Kabupaten Pekalongan
  3. Kabupaten Kendal
  4. Kabupaten Pemalang
  5. Kabupaten Kebumen
  6. Kabupaten Purbalingga
  7. Kabupaten Wonosobo
  8. Kabupaten Demak
  9. Kabupaten Blora

Sumber : DPW PKB Jateng

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya