alexametrics

Menulis Artikel Guru dengan Metode ATM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID- “Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis”. Ungkapan ulama besar Imam Al- Ghazali itu dikatakan Redaktur Pelaksana Jawa Pos Radar Semarang Ida Norlayla saat menjadi narasumber pelatihan penulisan artikel populer di media massa yang digelar di kantor Jawa Pos Radar Semarang, Minggu (22/9).

Menurut Ida, menulis artikel itu sebenarnya tidak sulit, asal ada kemauan keras dan tidak malas. “Modal utama menulis artikel itu harus banyak membaca dulu. Kalau seorang guru bisa membaca artikel karya guru yang lain. Selain itu, harus praktik menulis,” katanya memotivasi para guru.

Pemimpin Redaksi Jawa Pos Radar Semarang Arif Riyanto mengatakan, Jawa Pos Radar Semarang dalam dua terakhir ini konsen dalam pengembangan kompetensi guru dalam penulisan artikel populer. Sampai saat ini pelatihan sudah digelar 59 kali di 16 kabupaten/kota di Jateng.

Baca juga:  Aksi Curanmor Terekam CCTV

“Alhamdulillah antusias para guru sangat tinggi. Sampai sekarang sudah 6.000 lebih guru yang mengikuti pelatihan,” ujarnya.

Dikatakan, dalam pelatihan penulisan artikel meski ada jaminan pemuatan, para guru diharapkan menulis artikel asli dan bukan hasil copy paste atau plagiat dari orang lain. “ATM atau amati, tiru dan modifikasi artikel boleh. Tapi, jangan sampai ditiru plek, itu sudah plagiat,” katanya.

Dalam pelatihan yang digelar sehari ini, para peserta juga diajak untuk membuat judul dan permasalahan yang akan diangkat menjadi artikel. “Tema artikel harus sesuai tupoksi sebagai guru, kepala sekolah atau pengawas. Juga harus sesuai mapel dan kompetensi dasar,” ujarnya.

Ketua panitia Tasrofi mengatakan, pelatihan diikuti guru TK, SD, SMP dan SMA/SMK di Jateng. “Pelatihan juga diikuti peserta dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Ngudi Waluyo dan Badan Pusat Statistik Nasional,” katanya. (aro)

Baca juga:  Museum Ranggawarsita Tunggu Instruksi untuk Beroperasi Lagi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya