alexametrics

Okupansi Hotel masih Lesu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Tingkat hunian atau okupansi hotel berbintang di Kota Semarang, awal sampai pertengahan September ini ternyata belum menunjukkan angka kenaikan. Sampai Jumat (14/9) kemarin, okupansi hotel di Semarang masih berada diangka 70 persen.

“Okupansi September, bisa dibilang belum bagus. Kalau dilihat pun malah lebih rendah daripada bulan Agustus yang mencapai 80 persen. September ini masih sekitar 70 persen,” kata Wakil Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah Bambang Mintosih, Jumat (14/9) kemarin.

Pria yang akrab disapa Benk ini menjelaskan, Kota Semarang memang punya ciri yang unik, terutama di bulan September dan Oktober dimana okupansi hotel belum mengalami kenaikan.”Biasanya, tingkat okupansi mulai merangkak naik di bulan November dan akan terus tinggi sampai Desember dan awal tahun,” tuturnya.

Baca juga:  Terdengar Jedar-Jeder, Toko Mainan Terbakar

Padahal jika menilik event akbar di Semarang, ada konser musik berskala internasional yakni hadirnya Westlife. Pada pekan ini pula, juga diselenggarakan Festival Kota Lama, namun lagi-lagi dua event akbar tersebut belum bisa mendongkrak okupansi hotel secara keseluruhan. “Hanya beberapa hotel saja karena dua event tersebut okupansinya bagus,” ucapnya.

Agar okupansi bisa naik dan dunia perhotelan serta industri didalamnya bisa berkembang, menurut Benk harus ada event berskala besar yang dibuat di Semarang. “Bisa event apa saja,  misalnya seperti MXGP kemarin, banyak wisatawan domestik ataupun mancanegara yang menginap di Semarang,” jelasnya.

Sebelumnya, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung melalui pintu masuk Bandara Ahmad Yani pada Juli 2019 tercatat hanya sebanyak 1.885 kunjungan. Jumlah tersebut mengalami penurunan sebesar 4,22 persen dibandingkan bulan Juni yang tercatat mencapai 1.968 kunjungan. (den/bas)

Baca juga:  “Kapan Lagi Nikah Pakai Mobil Pak Wali Kota”

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya