alexametrics

Kirab Dewa Bumi, Singgahi semua Kelenteng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Ribuan umat TITD Kelenteng Siu Hok Bio Semarang mengikuti perayaan Tiong Jiu serta Jut Bio Hok Tek Tjen Sien atau Dewa Bumi, Jumat (13/8). Perayaan yang dilakukan pada Pek Gwee Cap Go 2570 penanggalan imlek ini dengan menyambangi satu-persatu kelenteng di kawasan Pecinan. Selain itu, juga dimeriahkan pertunjukkan barongsay.

Ketua pelaksana kirab Sumitro mengatakan, perayaan Tiong Jiu serta Jut Bio Hok Tek Tjen Sien atau Dewa Bumi diikuti oleh beberapa kelenteng yang ada di Semarang dan luar kota Semarang, seperti dari Kabupaten Semarang, Wiradesa Kabupaten Pekalongan, dan Tegowanu Kabupaten Grobogan. “Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh pejimsin dari Kota Semarang saja, tetapi dari luar Kota Semarang,” katanya.

Baca juga:  KKN: Adaptasi Bahasa, Budaya dan Sosialisasi Pendidikan

Sumitro mengaku, sebelum dilakukan kirab, locu dan hu locu dari kongco Hok Tek Tjen Sien mendatangi kelenteng agung Tay Kak Sie untuk menginapkan kongco tersebut. Kemudian esoknya kirab dimulai pukul 14.00 dengan mendatangi satu persatu kelenteng yang ada di kawasan Pecinan. “Sebelumnya juga dilakukan sembahyang sebagai bentuk penghormatan di Kelenteng Tay Kak Sie,” imbuhnya.

Dalam kirab tersebut, para umat tampak bersemangat untuk mengikutinya. Sebab, perayaan tersebut merupakan bentuk ungkapan syukur warga. Selain itu juga untuk mendapatkan berkah agar dimudahkan segala urusan.

Setelah selasai kirab, hari ini (14/9) dilakukan pemilihan Cia dan Hu Locu kongco Hok Tek Tjen Sien. Dan pada (15/9) Senin (hari, Red) besok akan digelar pertunjukkan wayang kulit dengan lakon Kusuma Negoro yang dilakukan di depan kelenteng. (hid/aro)

Baca juga:  Roy Jeconiah Meriahkan Pazaarseni

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya