alexametrics

Keliling Kampung untuk Tumbuhkan Minat Baca

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Menjadi sahabat dan peduli terhadap peningkatan  literasi atau minat baca masyarakat tidak semua orang bisa melakukannya. Barangkali, hanya sedikit saja yang betul betul peduli dan ikhlas menjalankan tugas mulia tersebut. Apa yang dilakukan Pelda Jumbadi bisa menjadi teladan kita semua.

Aktivitas atau kegiatan  anggota TNI Kodim 0716 Demak ini patut diacungi jempol.Karena selain menjalankan tugasnya sebagai abdi negara yaitu menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, Babinsa Koramil 02 Bonang, Kabupaten Demak ini  justru meluangkan waktunya untuk memberantas buta aksara atau buta huruf. Tepatnya,  di Desa Jali,  Kecamatan Bonang yang menjadi wilayah tugasnya.

Pelda Jumbadi menuturkan, salah satu motivasi dirinya adalah merasa sangat prihatin dengan kondisi masyarakat sekarang yang sangat kurang akan minat baca. Boleh dibilang, dari 1.000 jiwa, hanya 1 orang yang serius menekuni membaca. “Pada dasarnya saya sangat prihatin ketika mengetahui masyarakat maupun anak anak di sini  (Desa Jali) minat bacanya sangat minim. Saya pun kemudian berinisiatif mendirikan perpustakaan keliling,” kata anggota TNI yang bertempat tinggal di Desa Poncoharjo, Kecamatan Bonang ini.

Baca juga:  Aktif Lagi sebagai Dosen Unnes, Sucipto: Saya Tetap Akan Kritik Rektor

Pria kelahiran Demak, 11 Maret 1971 ini juga mengungkapkan, perpustakaan keliling yang ia dirikan bertujuan agar memberikan pelajaran kepada masyarakat khususnya anak anak yang belum tau membaca.Mengingat mereka merupakan salah satu generasi penerus bangsa yang harus diperhatikan.

“Perpustakaan keliling ini baru beberapa minggu ini saya dirikan. Alhamdulillah sampai saat ini berjalan lancar,”ujar Jumbadi yang memulai karirnya sebagai tentara dengan pendidikan militer Secata dan Secaba ini.

Perpustakaan keliling yang dimaksud  adalah mendatangi masyarakat di Desa Jali tersebut dengan cara membawa buku buku bacaan yang disimpan dalam sebuah tas ransel sambil mengendarai  kendaraan bermotor maupun jalan kaki. “Biasanya sekitar pukul 15.00 itu, saya mengunjungi masyarakat di Desa Jali sembari  bawa buku buku bacaan dan pelajaran yang saya masukkan di dalam tas ransel,”kata Pelda Jumbadi yang memiliki pengalaman bertugas di Irian Jaya, Timur Timor dan Ambon Maluku ini.

Baca juga:  Gerakan Literasi Sekolah Tingkatkan Minat Baca Siswa

Dia mengatakan, buku buku yang dijadikan sarana untuk perpustakaan keliling tidak banyak. “Bukunya puluhan saja. Tentu, saya berharap ada relawan yang mau memberikan bantuan  buku agar bisa membantu tugas literasi yang saya jalankan,”kata dia.

Dandim 0716 Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto berharap, terobosan menarik dari Pelda Jumbadi tersebut bisa menginspirasi anggota TNI lainnya, terutama yang bertugas sebagai Babinsa di pedesaan. “Kita bersama sama membantu memberantas buta huruf di masyarakat. Dengan demikian, masyarakat makin cerdas,” katanya. (hib/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya