alexametrics

Dengan GTMCC, Slawi dalam Genggaman

Kapolres Tegal AKBP Dwi Agus Prianto, S.I.K., M.H. Innovation of Galawi Traffic Management and Command Center

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Pengalaman bertugas selama 10 tahun di Badan Intelejen Negara (BIN) membuat AKBP Dwi Agus Prianto SIK MH akrab dengan berbagai teknologi. Ketika ditugaskan menjadi Kapolres Tegal, ia membuat terobosan membangun Galawi Traffic Management and Commad Center (GTMCC) Polres Tegal.

“Dengan GTMCC, serasa Slawi berada di genggaman, karena semua bisa dipantau dan dikontrol dengan HP, dari tugas anggota, memantau jalan, hingga bisa komunikasi dengan warga,” ujarnya.

Sistem GTMCC terdapat 6 fitur. Yaitu Traffic Management System, berupa CCTV online yang terpasang di sejumlah titik untuk memantau arus lalu lintas. Kemudian Aplikasi SIPOCI yang disiapkan untuk merespon aduan dari masyarakat Kabupaten Tegal yang biasa dikenal dengan tombol panic button dalam aplikasi SIPOCI tersebut. Galawi Patrol System, merupakan manajemen patroli Sabhara dengan pendekatan teknologi. Cukup dengan melihat dari layar smartphone, perwira dan operator GTMCC Polres Tegal dapat mengendalikan dan memantau pergerakan patroli Sabhara.

Baca juga:  Menaker Ingatkan Adanya Ledakan Pekerja

Kemudian Intelegent Management Media merupakan pasokan-pasokan dari segala informasi secara realtime dan update, serta mengetahui trending topic tingkat nasional, regional dan lokal yang sangat dibutuhkan Kapolres untuk bahan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan terkait kamtibmas di wilayah Kabupaten Tegal. Aplikasi website yang merupakan Gudang dari Polres Tegal dan Muka Polres Tegal.

Kapolres Tegal juga sedang membangun SIM Priority model pelayanan SIM berbasis IT yang mempercepat dan memangkas waktu antrean. Juga disiapkan aplikasi e-perpol yang terdiri dari peraturan Kapolri serta peraturan berkaitan dengan kepolisian. Reportase dan live report dari reporter GTMCC Polres Tegal selalu memberikan informasi terkini pada masyarakat yang dibagikan lewat media sosial.  “Banyak perubahan tentunya dengan adanya GTMCC, sangat memudahkan mengontrol anggota dan sistem rekamaan lebih canggih,” ujarnya. (han/ton)

Baca juga:  Usai Karaoke, Kontraktor Babak Belur Dikeroyok

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya