alexametrics

Tiga Nama Pimwan Mengerucut

Rekomendasi Pilus, Liluk dan Mualim Turun

Artikel Lain

RADARSESEMARANG.ID, SEMARANG – Empat nama pimpinan dewan (pimwan) DPRD Kota Semarang mulai mengerucut. Empat partai dengan kursi terbanyak, yakni PDIP, Demokrat, Gerindra, dan PKS yang berhak mengusulkan nama pimwan telah mendapatkan surat rekomendasi dari pengurus pusat.

PDIP misalnya, dari tiga nama yakni Rukiyanto, Joko Susilo dan Kadarlusman yang dikirim ke pengurus pusat, akhirnya muncul satu nama yang ikut dalam fit and proper test. Nama tersebut adalah Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang Kadarlusman, yang saat ini diamanati menjabat sebagai ketua sementara.  PDIP dengan 19 kursi, berhak mendapatkan jatah ketua DPRD.

“Tanggal 28 Agustus lalu, saya memang mendapatkan undangan ke DPP untuk fit and proper test. Dari tiga nama yang disodorkan, hanya saya saja yang mendapatkan undangan,” katanya saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (10/9).

Baca juga:  Pimwan Dihadapkan Sejumlah PR

Meski telah mengikuti fit and proper test, Pilus begitu dia disapa, enggan membocorkan apakah nama calon ketua dari partai banteng moncong putih itu akan jatuh kepada dirinya ataupun kader lain. “Saya belum tahu turunnya ke siapa, nanti rekomendasi dari 35 kabupaten/kota akan diketahui pada Rabu (11/9) malam.” jelasnya.

Ditanya tentang peluangnya yang besar, Pilus kembali merendah dan tetap bersikukuh enggan membocorkan nama yang turun dalam surat rekomendasi tersebut. “Semoga saja, slentingan tipis-tipis juga belum ada. Besok malem baru akan tahu,” kilahnya.

Sebagai ketua sementara, Pilus mengaku ada dua partai lain yang surat rekomendasinya sudah turun. Pertama adalah Demokrat dengan nama Ketua DPC Demokrat Kota Semarang, Wahyu Liluk Winarto dan salah satunya dadi Gerindra. “Kalau dari Demokrat Mas Liluk, untuk yang Gerindra kemungkinan Mas Mualim. Tinggal PDIP dan PKS, setelah semua muncul akan ditetapkan,” jelasnya.

Baca juga:  Dapur Hotel Terbakar, Tamu Berhamburan

Ketua DPC Demokrat Kota Semarang Wahyu Liluk Winarto mengakui jika surat rekomendasi untuk unsur pimwan telah turun dari pusat. “Sudah turun Mas seminggu lalu, kebetulan nama saya yang keluar,” tuturnya.

Setelah mendapat rekomendasi, lanjut Liluk, surat tersebut akan diserahkan ke ketua sementara yang kemudian dirapatkan di sidang paripurna dan ditetapkan. Menurut dia, setelah ditetapkan definitif, unsur pimwan akan menggenjot kelengkapan alat dewan seperti pembentukan komisi.

Ketua DPC Gerindra Kota Semarang Sigit Ibnugroho mengatakan, rekomendasi parpolnya jelas diberikan kepada peraih suara terbanyak. “Rekomendasi dijatuhkan pada anggota dewan yang memiliki suara terbanyak, SK sudah turun, sepertinya Pak Mualim, karena dalam Pileg kemarin kan dia yang mendapat suara terbanyak, disusul dengan Pak Joko,” kata Sigit.
Saat dikonfirmasi anggota DPRD Kota Semarang dari Partai Gerindra, Mualim, mengatakan, pihaknya sudah menerima SK perihal pimpinan dewan. Namun, dirinya tidak mau berkomentar banyak.
“Saya mau istiqomah dulu, nanti pada saat pelantikan masyarakat akan tahu sendiri,” kata Mualim. Berbeda dengan PKS, jika sampai saat ini belum ada keputusan siapa yang akan mewakili di kursi pimpinan DPRD Kota Semarang.
Ketua DPD PKS Kota Semarang Suharsono mengungkapkan, pihaknya saat ini masih menunggu rekomendasi dari DPW PKS Jawa Tengah. “Mekanisme memang ditentukan oleh DPW untuk menentukan siapa yang akan mengisi pimpinan dewan. Saat ini belum keluar, pekan ini diharapkan rekomendasi dari DPW turun,” katanya. (den/ewb/aro)

Baca juga:  UNICEF Ajak Anak-Anak Belajar Jurnalistik di Radar Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya