alexametrics

Tambah Desa Dampingan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Salah satu upaya Pemerintah Jawa Tengah untuk percepatan penanggulangan kemiskinan adalah menggagas program pendampingan desa. Dalam hal ini, pemerintah mengarahkan satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendampingi satu desa.

Pendampingan ini terutama diberikan kepada desa-desa di wilayah zona merah kemiskinan Jawa Tengah. Melalui program ini, segala persoalan masyarakat terkait kemiskinan, rumah tidak layak huni, maupun jambanisasi diharap dapat teratasi. Termasuk di bidang kesehatan dan peningkatan ekonomi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, program ini cukup efektif untuk menekan angka kemiskinan di Jawa Tengah. Karena dampak positif program yang dipimpin langsung wakil Gubernur Taj Yasin ini, Ganjar berniat menambah desa binaan OPD.

Baca juga:  Kerja keras PLN Buahkan hasil 100 Persen llistrik Normal Pasca Tower Roboh

”Mungkin nanti bisa kita tambah, satu OPD mendampingi sampai 3 desa. Karena ini memang efektif dan dampaknya cukup bagus dalam mengurangi kemiskinan melalui pemberdayaan,” ujar Gubernur Ganjar.

Penanggulangan kemiskinan di Jawa Tengah, imbuhnya, memang harus dilakukan secara keroyokan. Untuk itu, menjadi tugas bersama-sama, termasuk OPD untuk dapat melaksanakannya. Terlebih, Jawa Tengah menyasar angka kemiskinan satu digit.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menambahkan, program pendampingan ini sudah dilaksanakan tahun ini. Dan seperti yang dikatakan Gubenur, program ini dinilai mampu membantu menekan angka kemiskinan di Jawa Tengah.
Bahkan, ia tambahkan, program pendampingan desa ini mendapat apresiasi dari DPR RI. Pemerintah Jawa Tengah dinilai memiliki peta jalur yang jelas dalam upaya penanggulangan kemiskinan. ”Ini atas saran Pak Gubernur, kami mencoba beronovasi dan ini sudah dijalankan selama beberapa bulan yang lalu di tahun ini ,” ujar ketua satgas penanggulangan kemiskinan ini.

Baca juga:  Awasi Proses Mutasi Jabatan

Penanggulan kemiskinan, lanjut Taj Yasin, juga dilakukan dengan mengarahkan CSR ke daerah-daerah yang dinilai membutuhkan. (sga/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya