alexametrics

Whistleblowing Cegah Korupsi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ingin mengembangkan whistleblowing system untuk mencegah korupsi. Gubernur akan menggodoknya terlebih dahulu agar sistem ini nantinya tidak menjadi ajang untuk saling melaporkan.

Sejauh ini, pencegahan korupsi sudah dilakukan dengan membangun sistem di jajaran pemerintahan provinsi Jawa Tengah. Mulai dari perencanaan, pengadaan, hingga pengawasan, semuanya dilakukan dengan transparan. Hanya saja, masih saja terjadi kasus di luar sistem.

”Kalau sistem sudah sedemikian ketat, pertanyaannya adalah apakah ada pejabat yang menerima hadiah atau gratifikasi yang tidak terpantau sistem ini? Atau, pihak luar yang nitip proyek?,” ujarnya dalam penyuluhan anti korupsi bertajuk Membangun Pelayanan Sosial yang Berintegritas, Profesional dan Antikorupsi di lingkungan Dinas Sosial Jateng bekerja sama dengan KPK Kamis (5/9).

Baca juga:  Stok Pakan Semarang Zoo Aman untuk Tiga Bulan ke Depan

Gubernur menjelaskan, modus-modus korupsi yang sering terjadi saat ini memang berupa nitip proyek, mark-up proyek, maupun mark-down proyek. Untuk itu, whistleblowing system ini akan dikembangkan, dengan catatan, bagaimana agar tidak menjadi ajang untuk saling tusuk teman.

”Mudah-mudahan kita bisa melayani dengan mudah, murah, dan cepat. Transparan dan akuntabel,” harap gubernur yang menganggap penting pencegahan korupsi ini.

Plt Kepala Dinas sosial Jawa Tengah Yusadar Armunanto mengatakan, pelatihan antikorupsi ini diberikan kepada semua kepala dinas sosial kabupaten/kota di Jawa Tengah. Termasuk seluruh pejabat struktural di dinas sosial. ”Baik di induk maupun di panti. Kemudian pengadaan barang dan jasa dan bendahara,” kata dia.

Baca juga:  Mendadak dapat JC, Rina Bakal segera Bebas

Pelatihan diberikan untuk menanamkan integritas kepada mereka. Bicara mengenai titik-titik rawan, ia menganggap semua titik memiliki kerawanan. Sehingga, yang terpenting adalah melakukan pencegahan dengan menanamkan integritas. ”Integritas menjadi yang utama. Kita dorong integritas, sesuai pergub,” tandasnya. (sga/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya