alexametrics

Konsultan Sepakat Tidak Korupsi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Gubernur Jateng mengapresiasi anggota dan pengurus Persatuan Konsultan Indonesia (Perkindo) yang berkomitmen untuk tidak melakukan korupsi. Komitmen tersebut disepakati dalam Rakernas III dan Gala Dinner Persatuan Konsultan Indonesia (Perkindo) yang berlangsung di Hotel Santika Premiere, Rabu (4/9) malam.

Menurut Ganjar, Perkindo sudah siap memasuki era kompetisi yang menuntut adanya adaptasi, kompeten, serta tersertifikasi dengan membangun SDM unggul. Dengan membuat perubahan besar yang bernama revolusi maka komitmen antikorupsi yang ditunggu rakyat semakin membuat para konsultan lebih bertanggungjawab, jujur, transparan dan akuntabel. “Perkindo itu menjadi agen pemberantasan dan pencegahan korupsi. Dan hasil pekerjaan konsultan akan lebih bagus, berkualitas dan awet. Efisiensi anggaran pun akan terjadi. Ini sesuatu yang progresif. Saya sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Perkindo ini,” katanya.

Baca juga:  Perkuat Mitigasi Bencana Kota Semarang

Dalam kesempatan tersebut Ganjar berpesan agar anggota Perkindo mau melaporkan kalau ada pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) atau ada kelompok kerja (Pokja)  yang mencoba melakukan korupsi dan gratifikasi dalam meloloskan perusahaan tertentu. “Nanti akan kita langsung panggil dan berhentikan apabila terbukti melakukan,” imbuhnya.

Ketua Umum Perkindo Catur Wibowo mengatakan, sampai saat ini Perkindo telah berkembang di 34 provinsi. Dalam kurun waktu 12 tahun telah memiliki anggota sebanyak 5.700 badan usaha yang bergerak di bidang jasa konsultansi konstruksi dan bidang jasa konsultansi nonkonstruksi.

Ditambahkan oleh Catur, peluang bisnis jasa konsultansi baik konstruksi maupun non onstruksi cukup menggembirakan. Pada 2018 hasil riset BCI Economics, lembaga analisis dan layanan informasi di Asia Pasifik, mengatakan bahwa pasar jasa konstruksi nasional dapat tumbuh sebesar tiga persen dibandingkan pada 2017 atau mencapai Rp 451 triliun.

Baca juga:  Eks Aspidsus Kejati Dituntut Tiga Tahun

“Jumlah itu terdiri atas 65 persen pekerjaan sipil dan 35 persen bangunan gedung. Dan dari data Kementerian PUPR yang diolah Kadin diketahui bahwa pasar jasa konstruksi Indonesia pada tahun 2018 terbesar di ASEAN, dan terbesar keempat di dunia,” katanya.

Untuk peringkat pertama Tiongkok dengan potensi pangsa pasar US$1,78 triliun, disusul Jepang US$742 miliar, India US$427 miliar, dan Indonesia US$267 miliar. Potensi pangsa pasar jasa konstruksi Indonesia jauh mengungguli negara di kawasan ASEAN seperti Malaysia yang hanya US$32 miliar dan Singapura US$24 miliar.

Di sektor pariwisata, industri pariwisata Indonesia semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah kedatangan turis asing (baik turis maupun pebisnis asing). Apabila hal ini dikombinasikan dengan pertumbuhan PDB sebesar +5 persen dan pertumbuhan investasi, maka ada permintaan yang meningkat terhadap tingkat hunian hotel dan kondominium (yang menggabungkan ciri-ciri apartemen dan hotel), dan tempat-tempat konferensi dan pameran. “Apalagi bila target pemerintah menyambut 20 juta turis asing pada 2020 tercapai, maka ada kebutuhan besar untuk industri perhotelan. Selain itu, dengan telah diberlakukannya MEA pada akhir tahun 2015, mengakibatkan hubungan dagang yang lebih intensif di wilayah ASEAN,sehingga permintaan akomodasi hotel, dan lain-lain meningkat,” tambahnya. (hid/ton)

Baca juga:  Saat Liputan, Wartawan Harus Punya Tujuan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya