alexametrics

BPJS Ketenagakerjaan Ajak Kawal Hak Pekerja

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-BPJS Ketenagakerjaan mengumpulkan sekitar 150 pekerja dari 9 konfederasi serikat pekerja di Jateng. Mereka diajak mengawal hak-hak para pekerja atas jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Ini karena perlindungan untuk para pekerja diperlukan sepanjang hayat,” kata Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif dalam kegiatan Sinergitas Serikat Pekerja dalam Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Semarang, Senin.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Krishna Syarif, membahas banyak hal di antaranya mengenai pajak progresif yang dikhawatirkan dapat membebani para peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Negara harus hadir dalam kehidupan para pekerja,” katanya.

Sedangkan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dari unsur serikat pekerja, Eko Darwanto mendorong serikat pekerja untuk terlibat aktif melakukan pengawasan di lapangan.

Baca juga:  BPJAMSOSTEK Bayarkan Klaim Jaminan Rp 2,4 Triliun

“Mereka para serikat pekerja memiliki akses untuk melakukan pengawasan seperti terkait perusahaan yang masih mendaftarkan sebagian pekerjanya, baik itu sebagian program, sebagian pekerja, maupun sebagian dari upahnya,” kata Eko.

Ia mencontohkan masih banyak ditemui perusahaan yang mendaftarkan pekerjanya hanya dua program dari 4 program yang ada (Jaminan Kematian (JK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun) atau mendaftarkan sebagian pekerjanya pada jaminan sosial ketenagakerjaan, serta mendaftarkan sebagian upahnya.

“Dampaknya, pekerja yang dirugikan. Saat terjadi kecelakaan kerja atau meninggal dunia, mereka tidak tercover dan tidak mendapatkan sesuai hak yang seharusnya,” katanya.

Oleh karena itu, Eko berharap para serikat pekerja dapat melakukan pengawasan serta dapat melaporkannya jika terjadi kasus perusahaan yang mendaftarkan sebagian (upah, pekerja, dan program) kepada BPJS Ketenagakerjaan, sehingga dapat ditindak. (ida)

Baca juga:  Safari Ramadan, BPJAMSOSTEK Ungaran Gelar Employee Volunteering

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya