alexametrics

Bambang Kribo Ketua, Sukirman Wakil Ketua

Hari Ini, 120 Anggota DPRD Jateng Disumpah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,SEMARANG–Pelantikan 120 anggota DPRD Jawa Tengah periode 2019-2024 akan dilaksanakan Selasa (3/9) hari ini. Rencananya akan dihadiri Gubernur Ganjara Pranowo, Wakil Gubernur Taj Yasin, jajaran forkompimda dan 900 tamu undangan lainnya.

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabuddin menjelaskan, setelah pelantikan, dewan akan menggeber banyak agenda yang harus diselesaikan. Mulai penetapan peraturan daerah (Perda) hingga pembahasan dan penetapan murni APBD 2020.

Sebagai peraih suara terbanyak pertama, PDIP dengan 42 kursi, dan terbanyak kedua, PKB dengan 20 kursi, berhak menaruh kadernya sebagai ketua dan wakil ketua DPRD Jawa Tengah sementara.

Meski ada penambahan 20 kursi dibanding periode 2014-2019 yang hanya 100 kursi, namun jumlah jajaran pimpinan dewan definitif tetap. Urip menjelaskan, setelah pelantikan akan ada penetapan ketua dan wakil ketua sementara. Sejauh ini, yang diusulkan partai adalah Bambang Kusriyanto sebagai ketua sementara dari PDI Perjuangan, dan Sukirman selaku wakil ketua dari PKB.

“Setelah ini, akan dilakukan pemilihan ketua dan empat wakil ketua definitif. Yakni, ketua dewan dari PDIP dan wakil ketua masih sama seperti periode lalu, yakni dari PKB, Gerindra, Golkar dan PKS,” jelasnya.

Bambang Kusriyanto sendiri dipastukan akan melenggang sebagai Ketua DPRD Jateng, karena posisinya saat ini sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Ia juga telah mengantongi pengalaman karena pernah menjabat Ketua DPRD Kabupaten Semarang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto tidak menampik Bambang Kusri sebagai kandidat terkuat. Namun demikian, ia katakan, kepastian akan hal ini masih menunggu turunnya surat rekomendasi dari DPP PDIP. “Kalau belum ya baru hampir pasti. Nanti dilantik sebagai Ketua Sementara dulu karena kebutuhan,” ujar pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini.

Baca juga:  Berisik Saat Pelantikan, Pejabat OPD Disemprot

Bambang Kribo, dikatakannya, menjadi satu-satunya yang mengikuti fit and proper test serta wawancara di DPP PDIP untuk menjadi calon pimpinan dewan. Tahapan yang memang harus dilalui seluruh calon pimpinan dewan di Indonesia sebelum DPP PDIP menurunkan surat rekomendasi.

“Sudah fit and proper test di DPP PDIP. Hasil fit and proper plus wawancara para calon pimpinan dewan akan dirapatkan dalam pleno DPP PDIP. Hasilnya, rekomendasi pimpinan DPRD,” jelasnya bahwa setiap daerah mengajukan satu hingga calon untuk mengikuti tahapan ini.

”Khusus untuk calon Ketua DPRD Jawa Tengah, sementara ini baru Bambang Kribo,” imbuh Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu ini.

Bambang Kusri membenarkan bahwa untuk Ketua DPRD Jawa Tengah, hanya dirinya yang mengikuti fit and proper test calon ketua. Meski demikian, ia enggan memberikan tanggapan mengenai namanya menjadi satu-satunya kandidat terkuat. ”Belum, nanti sajalah. Belum tahu kapan rekomendasinya turun,” ujarnya.

Terkait calon ketua fraksi dan pimpinan dewan lainnya, Bambang Hariyanto, Ketua Fraksi PDIP DPRD Jateng periode 2014-2019 yang terpilih lagi periode 2019-2023 ini, masih menunggu penunjukan dari DPP PDIP. “Semua yang menentukan DPP,” jelasnya.

Hendri Wicaksono, Ketua Fraksi PKB periode 2014-2019 mengungkapkan bahwa Sukirman yang ditunjuk DPP PKB untuk menduduki jabatan wakil ketua dewan. “Iya, Pak Sukirman yang ditunjuk,” jelasnya.

Baca juga:  Kurangi Pengangguran, Pemkot Semarang Luncurkan Aplikasi Apik Kerjaku

Sedangkan Sukirman ketika dimintai konfirmasi hanya menyatakan ada beberapa nama yang diajukan ke pusat.  Dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum ada nama yang dimunculkan. Keputusan mengenai nama yang akan direkomendasikan duduk di kursi pimpinan parlemen berada di DPP PKS melalui sistem skoring. Di antaranya berdasarkan struktur kepengurusan di partai, jenjang kader, profesionalitas, dan loyalitas.

”Rekam jejak nanti akan ditelusuri oleh DPP PKS. Kami hanya memberikan data-data yang diperlukan DPP. Persetujuannya ke siapa menjadi hak prerogratifnya DPP,” ujar Ketua DPW PKS Jawa Tengah Abdul Fikri Faqih.

Secara prinsip, akan diajukan semua sesuai mekanisme yang ada. Semuanya dipertimbangkan berdasar ketentuan. ”Misalnya anggota siapa? Di struktur dia sebagai apa? Jenjangnya dia anggota? Ahli? Atau dewasa atau madya sesuai AD/ART. Kemudian kami sodorkan semua. Yang tertinggi yang kemungkinan besar diberikan rekomendasi,” ujarnya menjelaskan.

Dari semua yang diajukan, yang memiliki kans besar untuk duduk di kursi pimpinan DPRD Jawa Tengah biasanya calon yang berada pada struktur tinggi di kepengurusan partai.

Sekretaris DPW Gerindra Jawa Tengah Sriyanto Saputro belum mengungkap nama-nama yang akan menduduki jabatan wakil ketua dewan definitif. “Masih diajukan ke DPP Partai Gerindra,” tandasnya.

Sedangkan dari Partai Golongan Karya (Golkar) ada lima nama yang diajukan untuk menjadi wakil ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah. Mereka adalah Ferry Wawan Cahyono (sekretaris), Mohammad Saleh (bendahara), Masfui Masduki (wakil sekretaris), Padmasari Mestikajati (wakil sekretaris), dan Bondan Bomo Aji.

Baca juga:  Kadarlusman: Rumah Rakyat Tak Boleh Kosong

Ketua Harian DPD Golkar Iqbal Wibisono mengatakan, semuanya sudah melalui rapat pleno DPD Golkar dan diusulkan ke Jakarta. Di tingkat pusat, akan dilakukan pengkajian berdasarkan senioritas.

Semuanya, memiliki kans yang sama. Dan menjadi hak prerogatif dari DPP untuk memutuskan nama yang akan duduk di kursi pimpinan parlemen. ”Syaratnya memang pengurus harian, kemudian pernah menjadi anggota DPR, sarjana dan suara terbanyak/ Ketua DPD Golkar setingkat,” ujarnya.

Sementara itu, anggota dewan dari Fraksi PPP DPRD Jateng Ngainirichard mengungkapkan bahwa sementara ini, masih mengacu pada aturan lama yakni 1 ketua dan 4 wakil ketua. “Namun belum tahu nanti tata tertib dewan. Masih akan membahas tatib dewan, untuk menentukan struktur pimpinan dewan,” jelasnya. (sga/ida)

 

 

 

Anggota DPRD Jateng 2019-2024

 

PDIP

 

  1. Soetjipto, Jateng I
  2. RR. Maria Tri Magesti, Jateng I
  3. Danie Budi Tjahyono, Jateng I
  4. Bambang Kusriyanto, Jateng II
  5. Dyah Kartika Permanasari, Jateng II
  6. Andang Wahyu Triyanto, Jateng III
  7. Denny Nurcahyanto, Jateng III
  8. Alwin Basri, Jateng IV
  9. Endro Dwi Cahyono, Jateng IV
  10. A Baginda Muhammad Mahfuz, Jateng V
  11. Sulistyorini, Jateng V
  12. Sarwono, Jateng V
  13. Joko Purnomo, Jateng VI
  14. Untung Wibowo Sukowati, Jateng VI
  15. Ayuning Sekar Suci, Jateng VI
  16. Sumanto, Jateng VI
  17. MH Zainudin, Jateng VI
  18. Stephanus Sukirno, Jateng VII
  19. Kadarwati, Jateng VII

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya