alexametrics

Eksekusi Penjara Tak Kunjung Dilakukan

Perkara Bos PT SSJ Janggal Sejak Awal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Perlakuan spesial akhirnya terungkap dalam perkara yang menjerat Surya Soedharma selaku pemilik sekaligus Komisaris PT Suryasemarang Sukses Jayatama (PT SSJ). Pasalnya dalam perkara pertamanya tak kunjung dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang. Dengan demikian, dalam perkara dugaan tindak pidana kepabeanan yang akhirnya bermuara pada dugaan suap, yang menimpa sejumlah mantan pejabat di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng, diprediksi wajar terjadi.

“Perkara awal saja belum dieksekusi, padahal kasus keduanya sampai berbuntut ditangkapnya tiga mantan pegawai Kejati Jateng. Jadi wajar suap terjadi, mungkin saja yang pertama sengaja nggak dieksekusi jadi tambah nilai tawar dilakukan para oknum tersebut,” kata Sekretaris Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Kota Semarang Okky Andaniswari Minggu (1/9).

Baca juga:  Targetkan Penjualan 100-150 Unit Rumah CitraGrand Tambah Fasilitas Masjid

Terpisah, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Bonyamin Saiman mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya, meski perkara itu telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht) sejak 2012, namun putusan tersebut belum dieksekusi hingga saat ini tanpa adanya alasan yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan secara hukum.

“Makanya kami mendesak kepada Kejari Semarang segera melakukan eksekusi pidana terhadap Surya Soedharma. Hal ini demi menjunjung kepastian hukum, kemanfaatan, dan keadilan di negara ini, khususnya terhadap korban dan juga diri terpidana itu sendiri,” kata Boyamin.

Ia mengaku sudah mengirimkan surat itu ke Kajari Semarang dengan tembusan ke Kajati Jateng untuk segera dilakukan eksekusi penjara selama 1 tahun dan 6 bulan dan denda sebesar Rp 25 juta.“ Eksekusi itu hingga kini belum dijalankan, jawaban lisan yang kami terima katanya sedang mengumpulkan berkas baru kemudian eksekusi,” ungkapnya.

Baca juga:  The Park Semarang Proses Konstruksi

Sedangkan terkait banding Surya Soedharma dalam perkara kepabeanan dikatakannya sudah dikuatkan Pengadilan Tinggi Jateng, yang artinya tetap penjara 2 tahun.“Jika SS tidak kasasi, maka Kejati Jateng harus segera menjalankan putusan yaitu, memasukkan SS ke Lapas Kedungpane,”bebernya.

Menanggapi kasus tersebut, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jateng Ketut Sumedana mengatakan, eksekusi merupakan tugas Kejari Kota Semarang. Begitu Kejati Jateng sudah melakukan pelimpahkan tahap 2 dan sidang pengadilan, maka secara administratif sudah menjadi wewenang Kejaksaan Negeri setempat. (jks/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya