alexametrics

Karnaval 1 Suro, Hilangkan Kesan Mistis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Perayaan 1 Muharam atau bernama malam satu Suro, di Tugu Suharto identik dengan prosesi berendam di Kali Garang. Namun saat ini warga RW 4 Kelurahan Bendan Duwur Kecamatan Gajah Mungkur menghilangkan kesan mistis tersebut dengan mengelar karnaval hingga pentas seni di malam tahun baru kalender Jawa.

Mulai sore tepat pukul 16.00, warga RW 4 sudah berkumpul. Arak-arakan pawai dilakukan warga dengan berjalan dari depan Pasar Sampangan mengitari kelurahan hingga menuju Jembatan Tugu Soeharto. Ada 300 orang yang hadir untuk arak-arakan. Iya, tema karnaval sudah pasti bernuansa religius. Mereka bersholawat sepanjang karnaval.

“Kali ini lebih menggerakan anak muda atau sering disebut milenial untuk lebih mempertebal iman keagamaan mereka. Acara sampai pagi untuk pentas seninya, ” jelas Ketua Panitia Bayu Taufik di tengah acara.

Baca juga:  Undip Tambah Tiga Guru Besar

Tidak terlihat kesan mistis di dalam perayaan malam Suro itu. Padahal Tugu Soeharto tepat di Kali Garang selalu dipadati warga yang siap kungkum untuk mempertebal ilmu. “Justru itu, kami ingin menghilangkan kesan mistis di Tugu tersebut,” tambahnya.

Dikatakannya persiapan orang-orang yang kungkum memang saat tengah malam. Peminat kungkum pun dirasanya semakin menipis. Justru banyak anak muda yang ingin tahu saja, namun tidak ingin ikut kungkum.

“Belakangan, tahun ini semakin sedikit yang kungkum ritual di Tugu Soeharto. Mungkin zaman sudah berubah, anak muda tidak tertarik. Lebih memilih mainan handphone,” timpal Soetopo warga Gunungpati yang mencoba ikut kungkum.

Ia juga menambahkan kesakralan Kali Garang Tugu Soeharto memang sudah sedikit demi sedikit hilang. Kendati begitu, malam itu rezeki tiban bagi warga RW 4 Sampangan. Puluhan warung dadakan dibuka depan rumah, mulai dari berjualan makanan ringan, minuman, mainan anak, hingga pakaian. Salah satunya warga Ali Suroyo yang malam itu berjualan di depan rumah. “Biasanya jualan di sepanjang Jalan Kelud. Ini mumpung ada acara di dekat rumah jualan ya pindah. Tidak jauh,” katanya. (ria/ida)

Baca juga:  Hamil Duluan, Dispensasi Meningkat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya