alexametrics

Yakinkan Warga, Pastikan KK Putih Legal Dispendukcapil Terkendala Pengadaan Blanko

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang meminta warga Semarang tidak cemas terkait Kartu Keluarga (KK) yang dicetak berbeda dari biasanya. Yakni, warga saat ini diberikan KK yang dicetak pada selembar kertas HVS putih. Padahal biasanya menggunakan blanko khusus berwarna biru.

Warga Kecamatan Tugu, Silvia menuturkan sempat mengalami kebingungan ketika mendapat KK yang berbeda. Dirinya sempat meragukan keabsahan kartu identitas bagi anggota keluarganya tersebut untuk digunakan dalam mengurus administrasi. Namun pihak kecamatan meyakinkan bahwa kartu tersebut dapat digunakan dan diakui secara legal.

“Biasanya biru, tapi ini dicetak putih seperti fotokopi di kertas HVS. Ya sempat ragu saat menerima. Namun ketika dijelaskan bakal diganti ketika blankonya sudah ada, barulah saya percaya,” ujarnya sambil tertawa.

Baca juga:  Bapenda Semarang Kejar Potensi Pajak Mal

Sementara itu Kepala Dispendukcapil Kota Semarang, Adi Tri Hananto membenarkan tahun ini percetakam KK memang menggunakan HVS putih. Sebab pihaknya mengalami kesalahan dalam proses pengadaan blanko KK. Namun dirinya memastikan bahwa data yang tertera tidak ada masalah dan tetap sah digunakan oleh warga.

“Memang tahun 2019, KK dicetak pada blanko biru. Tapi kami salah saat pengadaan. Namun tenang saja, KK tersebut tetap sah. Yang terpenting data dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di dalamnya. Bukan kertasnya,” ujarnya.

Dirinya berjanji akan segera menyelesaikan permasalahan tersebut dan menganti KK warga dengan blanko yang seharusnya. (akm/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya