alexametrics

Ratusan TKI Dipulangkan dari Tiga Negara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Sebanyak 118 ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dipulangkan dari tiga negara yakni negara Malaysia, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA) oleh Kementrian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Mereka dipulangkan karena terlibat berbagai kasus.

“Mereka bekerja tanpa izin resmi. Modusnya, para WNI ini membuang paspor umrah untuk bisa bekerja secara sembunyi-sembunyi. Karena itu, pemulangannya secara bertahap dengan mempertimbangkan setiap kasus yang membelit TKI,” kata Direktur Jenderal Protokol dan Konser Kemenlu RI, Andri Hadi usai diskusi public lecture di Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas), Kamis (29/8) kemarin.

Andi menambahkan para WNI yang sengaja membuang paspornya, lantaran mencari pekerjaan informal di tanah Arab tergolong mudah. Mengingat faktor permintaan dan demand-nya yang tidak seimbang. “Padahal status pekerjaannya ilegal. Rata-rata masa kerjanya hanya tiga tahun,” katanya prihatin.

Baca juga:  Mal Patuh Tutup Pukul 19.00

Para TKI di Arab Saudi yang sudah overstay, imbuhnya, menyulitkan Kemenlu RI untuk memulangkan mereka. “Mereka sebetulnya hanya diberi batas waktu sebulan untuk ibadah umrah maupun berhaji,” tandasnya.

Salah satu penyebab maraknya peminat menjadi TKI ilegal, diakuinya, karena mafia yang marak. Modusnya menampung warga Indonesia untuk bekerja di Arab Saudi.

Andi mengungkapkan bahwa jumlah perantau Indonesia di luar negeri mencapai 2,9 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak satu juta orang di antaranya berkerja di Malaysia. Meski begitu, datanya terus berubah lantaran masih banyak WNI di luar negeri yang tidak mau didata oleh KBRI atau menolak melaporkan keberadaannya.

“Untuk sektor pekerjaan, ditemukan satu juta WNI menjadi pekerja rumah tangga. Sisanya pekerja perkebunan, para arsitek bangunan dan pekerja kilang minyak, yang sebarannya ada di beberapa negara di antaranya negara Qatar, Malaysia, Arab Saudi dan Taiwan,” ungkapnya. (hid/ida)

Baca juga:  Gencarkan Gerakan Bersih-Bersih Rumah

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya