alexametrics

Pagoda Avalokitesvara, Magnet Wisatawan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG— Objek wisata di Kota Semarang bisa dibilang komplit. Mulai wisata budaya, alam, heritage, hingga wisata religi. Selain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dan Sam Po Kong, wisata religi yang tak kalah menarik adalah Vihara Budhagaya Watugong. Lokasinya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Bangunan pagoda  Avalokitesvara setinggi 45 meter menjadi daya tarik pelancong. Bangunan tujuh tingkat tersebut sering menjadi objek foto pengunjung.

Ketua Yayasan Budhagaya Watugong, Halim Wijaya mengatakan, kunjungan wisata di Vihara Budhagaya mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Dari 2.000 pengunjung, tahun ini mencapai 10.000 pengunjung. Untuk meningkatkan kunjungan wisata pihaknya berusaha melakukan koordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pariwisata Jateng maupun Kota Semarang, dengan harapan agar kunjungan wisman yang menggunakan kapal pesiar bisa berkunjung di Vihara Budhagaya Watugong.

Baca juga:  28 Orang Lolos Seleksi Administrasi Calon Pimpinan Baznas Jateng

“Jadi mereka tidak hanya sekadar mampir ke toilet kemudian pergi lagi ke Candi Borobudur, tetapi bisa menginap semalam untuk memperkenalkan Kota Semarang,” harap Halim Wijaya usai acara talk show bertemakan Mencapai Hidup tanpa Batas dari Sebuah Keterbatasan yang berlangsung di Wisma Perdamaian belum lama ini. .

Halim menambahkan, pihaknya dalam waktu dekat akan membangun patung Budha setinggi sembilan meter. Selain itu juga akan membangun wisma serabaguna yang bisa digunakan untuk Sangha Theravada dan rapim maupun melakukan Pabbaja Samanera atau mencetak Bhikku. “Untuk patung itu sendiri masih dalam taraf gambar dan belum bisa dipastikan sampai kapan karena membutuhkan rencana yang matang,” tambahnya.(hid/zal)

Baca juga:  Berkomitmen Terus Mendorong Kualitas Hidup Masyarakat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya