alexametrics

Kedokteran Gigi Unissula Berbagi Trik Identifikasi Kanker Mulut

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universtias Sultan Agung (Unissula) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat, berupa pelatihan identifikasi lesi kanker mulut bagi dokter gigi di Puskesmas Karangtengah Demak Sabtu (24/8) lalu.

Dalam kegiatan tersebut salah satu pematerinya adalah drg Rina Kartika Sari, Sp PM. Dia memaparkan materi terkait manifestasi Klinis Lesi pre kanker dan kanker mulut, dengan menampilkan gambaran klinis dari lesi rongga mulut yang dicurigai mengarah keganasan. “Lesi rongga mulut yang mengarah keganasan sendiri dibagi menjadi 2 kelompok, yakni lesi prekanker dan lesi kanker,” terangnya.

Lesi prekanker merupakan lesi yang apabila tidak segera ditangani akan berubah menjadi kanker. Sedangkan lesi kanker adalah lesi perkembangannya berlangsung cepat. “Penyebab dari kanker mulut adalah merokok, mengunyah daun sirih (menginang) serta mengonsumsi alcohol,” jelasnya.

Baca juga:  Empat Kandidat Tuan Rumah Porprov 2022

Materi lainnya oleh Kepala Departemen Ilmu Penyakit Mulut drg Rochman Mujayanto Sp PM tentang bagaimana mengidentifikasi lesi rongga mulut yang dicurigai mengarah keganasan.

Identifikasi ini bisa dilakukan dengan cara invasive dan non invasive. Identifikasi secara invasive dilakukan dengan cara eksisi biopsi (mengambil sebagaian jaringan) atau dilakukan dengan cara pemeriksaan sitology. “Tujuannya untuk melihat perubahan sel squamous, apakah mengarah keganasan atau tidak. Identifikasi non invasive bias menggunakan velscope atau dengan mengulaskan methylene blue 1 persen,” ujarnya. Pada pelatihan ini drg Rochman Mujayanto SpPM memperagakan bagaimana mengaplikasikan methylene blue 1 persen.

drg. Muhammad Baehaqi, MM selaku koordinator dokter gigi Kabupaten Demak, mengaku sangat senang dengan kegiatan pelatihan ini, karena dapat menambah wawasan kelilmuan mengenai kasus penyakit mulut, terutama bagaimana menegakkan lesi rongga mulut yang mengarah keganasan. (bis/zal)

Baca juga:  Pilih Disebut Cacat, Bukan Disabilitas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya