alexametrics

Coffeedemic Unkartur, Tangkap Peluang Kopi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Indonesia, memiliki banyak kekayaan alam dan salah satu kekayaan alam itu adalah kopi. Bahkan beberapa jenis kopi Indonesia sudah tersohor di belahan dunia. Kopi Indonesia juga dikenal dengan kualitasnya terbaik ke-4 di dunia, setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Selain itu, tren penikmat kopi di tanah air juga meningkat.

Peluang inilah yang ditangkap Universitas Nasional Karangturi (Unkartur) Semarang. Yakni, dengan membuka program peminatan kopi atau Coffeedemic untuk mahasiswa Prodi Teknologi Pangan.

“Mahasiswa yang mengikuti peminatan ini, ketika selesai menempuh pendidikan akan langsung ujian dan mendapatkan sertifikasi yang dikeluarkan Specialty Coffee Association (SCA),” kata Rektor Unkartur Semarang, dr Murti Wandrati M.Kes saat ditemui Jawa Pos Radar Semarang, Selasa (27/8) kemarin.

Baca juga:  PGN Perluas Infrastruktur Gas Bumi

SCA merupakan lembaga resmi sertifikasi kopi dunia. Dengan dikeluarkannya SCA, katanya, maka mahasiswa yang telah memegang sertifikasi tersebut dapat bekerja sebagai profesional di berbagai perusahaan yang berhubungan dengan kopi di dunia. Menurutnya, sertifikasi SCA memberikan nilai plus bagi mahasiswa Unkartur yang mengambil program peminatan kopi.

“Tidak hanya itu, yang mau berwirausaha bisa menggandeng program bisnis manajemen, untuk manajemen bisnis kopi,” tandas perempuan yang akrab disapa Murti ini.

Selain program akademik peminatan kopi untuk mahasiswanya, Unkartur Semarang juga membuka kursus singkat untuk profesional kopi, seperti barista atau pemilik usaha kopi.

“Lama kursus satu bulan. Barista atau pemilik usaha kopi ini bisa memperoleh sertifikasi yang dikeluarkan SCA. Selain itu, kami juga menggandeng trainer profesional di bidangnya seperti Evany Jesslyn,” tutur Murti.

Baca juga:  Disiplinkan Anggota, Kodam IV/Dipogoro Gelar Edukasi Safety  Riding

Rektor Universitas Nasional Karangturi Semarang ini berharap, dengan program akademik peminatan kopi untuk mahasiswa dan kursus profesional kopi, ikut membantu kemajuan industri kopi Indonesia. (sls/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya