alexametrics

Tak Ada Toleransi, Melanggar Langsung Ditilang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Kepolisian akan menggelar kegiatan Operasi Patuh Canti 2019. Kegiatan berlangsung selama 14 hari, terhitung  sejak tanggal 29 Agustus sampai 11 September. Kali ini polisi menerapkan tindakan tegas bagi pengendara yang melanggar.

“Operasi Patuh Candi ini mengedepankan penegakan hukum, sesuai dengan temanya yakni Patuh. Pelaksaanaan secara serentak di Indonesia,” tegas Kabag Binopsal Ditalantas Polda Jateng, AKBP Dwi Prihanto Senin (26/8).

Dwi membeberkan, pelaksanaan kegiatan Operasi Patuh Candi 2019 miliki delapan prioritas yang diberikan kepada pelanggar. Diantaranya patuh dalam membawa kendaraan roda empat, tidak memakai sabuk pengaman. Kemudian mengemudi sambil menggunakan handphone, mengedarai motor tanpa menggunakan helm, melanggar jalur atau melawan arus, termasuk pengendara dibawah umur dalam arti masih berusia 16 tahun.

Baca juga:  Terjaring Razia Peduli Lindungi, 30 Orang Divaksin

“Yang jelas kita menjaring pelanggar dari 8 prioritas tadi yang kita sebutkan. Kalau melanggar ya langsung kita tilang. Berbeda dengan sebelumnya, operasi simpati yang mengedepankan imbauan dan teguran sambil memberikan penyuluhan,” tegasnya.

Dwi mengatakan, kegiatan tersebut untuk menciptakan pengguna jalan sadar hukum dan tertib dalam berlalu lintas. Sebab, awal dari pelanggaran tak jarang menimbulkan kecelakaan baik berdampak luka ringan maupun meninggal dunia.

“Kecelakan itu biasanya faktor kelalaian, melanggar. Terkadang manusia tidak hati-hati di dalam berkendara, contohnya mengemudikan mobil sambil menggunakan handphone. Akhirnya jadi kurang konsentrsi dan akhirnya menimbulkan kecelakaan,” jelasnya.

Menanggapi terkait jumlah kecelakaan lalulintas di Jawa Tengah, Dwi menjelaskan setiap harinya korban meninggal akibat laka lantas di Jawa Tengah naik turun. Pihaknya menyebutkan rata-rata mencapai 7 orang korban meninggal di jalan raya akibat laka lantas. Sedangkan yang terlibat kecelakaan didominasi usia produktif antara 17 sampai 30 tahun. (mha/zal)

Baca juga:  Samsung Targetkan Penjualan Rp 1 M

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya