alexametrics

Motivasi Ibu Hamil, Persiapkan ASI sejak Dini

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) kembali mengadakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Banget Ayu Wetan dua minggu lalu. Kali ini, tentang cara menstimulus pengeluaran air susu ibu (ASI) sejak dini bagi ibu hamil. Dengan harapan, bisa keluar secara maksimal saat menyusui.

Mereka adalah Ns Apriliani Yulianti Wuriningsih M Kep Sp Kep Mat, Ns Nutrisia Nu’im Haiya MKep dan Ns Iskim Luthfa MKep. Dalam pengabdian yang mereka lakukan punya  agenda penting yang harus disampaikan untuk para ibu hamil.

“Stimulasi ASI sejak dini dapat meningkatkan produksi ASI saat masa menyusui.  Hal ini dapat dilakukan sejak kehamilan trimester ketiga (mulai 7 bulan kehamilan). Yakni, dengan teknik pijat laktasi,” kata Ns Apriliani.

Baca juga:  BST Tahap 10 Dibagikan

Menurutnya, ASI merupakan satu jenis makanan yang mencakup seluruh unsur kebutuhan bayi baik fisik, psikologi, sosial maupun spritual. ASI mengandung nutrisi hormon, unsur kekebalan pertumbuhan, anti alergi serta anti inflamasi.

“Kehidupan awal bayi, terutama 6 bulan pertama sejak bayi lahir. Dilanjutkan sampai anak berusia 2 tahun. Produksi ASI yang maksimal akan menjadikan lumbung makanan bayi penuh sehingga dapat memenuhi kecukupan nutrisi bayi dan pemberian ASI yang maksimal. Tentu ini dapat menambah ikatan batin antara ibu dan bayi, sehingga lebih kuat,” imbuh April.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim FIK Unissula ini mendapat sambutan baik pihak Forum Kesehatan Kelurahan. Masyarakat berharap kelas ibu hamil bisa terus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. (tri/bis/ida)

Baca juga:  Tebak Nama Camat Genuk, dapat Rp 500 Ribu

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya