alexametrics

Kenalkan Kebhinekaan pada Generasi Milenial

Museum Goes to Campus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Budaya dan kebhinekaan yang dimiliki bangsa ini perlu dilestarikan. Jangan sampai perkembangan zaman dengan digitalisasinya menggerus identitas bangsa.

Museum Goes to Campus adalah satu satu upaya pemerintah mengenalkan budaya dan kebhinekaan kepada generasi buda. Kali ini event tersebut digelar di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Digelar mulai Senin-Jumat (26-30/8). Pameran ini diikuti 14 instansi yang menampilkan beragam koleksi yang bisa disaksikan siswa sekolah dasar hingga mahasiswa.

“Museum menyimpan kebhinekaan, yakni di mana pendahulu kita bisa hidup bersama meskipun dari suku, agama yang berbeda,” kata Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, Fitra Arda Ambas.

Baca juga:  Mulai Terapkan One Way Arus Balik

Dari koleksi tersebut, para pendahulu bisa merawat kebhinekaan antar umat manusia. Hal ini bisa ditiru oleh generasi milenial untuk diterapkan pada kehidupan masa kini. Ia mencontohkan. Candi Prambanan dan Candi Sewu, semua berbeda  dari segi arstitektur dan perdaban agama, namun bisa hidup berdampingan.

“Dari museum ini pula, kita bisa melihat berbagai peradaban yang terjadi sehingga akan semakin paham dan informasi yang ada juga tidak hoax karena sudah melalui berbagai penelitian,” ucapnya.

Ditambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan penyempurnaan museum di tanah air agar, kesan museum yang kumuh dan membosankan bisa hilang. Meski menurutnya, kunjungan ke museum telah mengalami peningkatan dari tahun ketahun walaupun belum merata pada setiap museum.

Baca juga:  Mayat Perempuan Mengambang di Sungai Bugen, Kepalanya Terbungkus Plastik

“Pengelola museum bisa menerapkan pameran temporer. Dengan cara ini pengunjung tidak akan merasa bosan mengunjungi museum. Misalnya, ketika momen Pemilu, pengelola bisa memamerkan koleksi Pemilu. Ketika momen Pilpres, tampilkan koleksi bertema Pilpres,” bebernya.

Sementara itu, Dekan FIB Undip, Dr  Nurhayati, M.Hum, menambahkan, adanya program Museum Goes to Campus ini, diharapkan  dapat meningkatkan kesadaran kolektif generasi muda baik yang masih sekolah dasar hingga mahasiswa, bahwa negara dibangun melalui kebhinekan, dan bukti tersebut jejaknya terdapat di museum.

“Dari jejak yang ada ini, saya harap rasa cinta terhadap tanah air semakin tinggi. Juga menumbuhkan kesadaran untuk merewat toleransi serta segala perbedaan,” tandasnya. (den/zal)

Baca juga:  Sepuluh Roller Lolos ke PON 2020

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya