alexametrics

Ratusan Penari Ratoh Jaroe Ikut Audisi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Ratusan penari Ratoh Jaroe dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) dan perguruan tinggi (PT) se-Jateng-DIJ memadati Taman Indonesia Kaya, Minggu (25/8). Mereka berkumpul untuk mengikuti audisi Tari Ratoh Jaroe Piala Gubernur Aceh tahun 2019.

Kepala Penghubung Pemerintah Aceh, Almuniza Kamal menerangkan ajang tersebut untuk memperkenalkan kebudayaan Aceh ke berbagai daerah di Indonesia. Semarang terpilih sebagai tuan rumah pertama di Jateng-DIJ, yang menyelenggarakan event tersebut. Selain kebudayaan, pihaknya juga membawa beragam kesenian dan kuliner khas Aceh yang dapat dinikmati pengunjung.

“Saat ini kami membawa misi diplomasi budaya, seni dan kuliner Aceh ke seluruh Indonesia. Semarang yang pertama, sejak 12 tahun lalu kami gelar. Sebelumnya penyelenggaraannya hanya di Jabodetabek. Sekarang kami ingin melakukan ekspansi ke daerah lain di seluruh Indonesia,” ujarnya, Minggu (25/8) kemarin.

Baca juga:  Terdampak Proyek Pelebaran Jalan, 22 Lapak PKL Dirobohkan

Dari 10 kelompok yang lolos tahap provinsi, pihaknya akan memilih tiga kelompok terbaik yang akan bertanding memperebutkan gelar juara tingkat nasional. Tim tersebut dari SMA Negeri 4 Semarang, Undip Semarang dan UGM Jogjakarta. Mereka akan mengikuti perlombaan final yang diselenggarakan pada Oktober mendatang di Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta.

“Kami berterimakasih atas sambutan hangat dan antusiasme pemerintah daerah serta masyarakat Semarang terhadap diplomasi budaya yang kami tawarkan. Semoga ini menjadi pembuka jalan bagi kami, Pemprov Jateng, Pemprov Jogjakarta dan Pemkot Semarang untuk kerjasama berbagai bidang pada kesempatan selanjutnya. Kami menantikan perkenalan budaya Jateng dan Jogja ke provinsi kami ke depannya,” ujarnya.

Sementara itu salah satu penari dari SMA N 4 Semarang, Zahra Audia Narendra mengaku wawasannya terhadap budaya Aceh menjadi bertambah. Turut memupuk rasa cintanya kepada Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan. “Meskipun saingannya berat kami optimistis bisa juara,” pungkasnya. (akm/ida)

Baca juga:  Proyek Jalan Sriwijaya Dikebut

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya