alexametrics

Kinerja BUMD Terus Dievaluasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Tengah terus dievaluasi secara berkala. Tujuannya, agar target pendapatan terlampaui. Mengingat peran BUMD cukup penting dalam memaksimalkan pendapatan daerah.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng menilai, sejauh ini kinerja BUMD semakin baik. Bahkan diakui pula peran BUMD dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jateng. Deviden yang diberikan BUMD sebagai PAD terus meningkat dari tahun ke tahun. Rata-rata pertumbuhan 14,60 persen per tahun (2016-2019).

Demi memaksimalkan peran BUMD, pemerintah terus mendorong sinergi antar BUMD agar dapat dilakukan dengan baik. ”Kemudian penambahan penyertaan modal BUMD keuangan untuk meningkatkan share saham serta pemenuhan regulasi,” ujar Gubernur Ganjar Pranowo.

Baca juga:  Waspada Lur! Banyak ‘Ranjau’ Lubang di Jalur Mangkang-Jerakah

Tidak hanya itu, pemerintah juga terus memberikan pengawasan dalam pelaksanaannya. Dengan pengawasan ini, BUMD diharapkan berjalan dengan baik tanpa distorsi. Untuk BUMD di Jawa Tengah, Gubernur sudah mendorong untuk diaudit hingga pada capaian kinerja.

”Tidak sekadar serapan anggaran yang dilakukan, tetapi juga kinerja. Tidak hanya output, tetapi juga outcome,” ujarnya. (sga/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya