alexametrics

Pasang 10.872 Unit CCTV di Semua RT

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG- Setiap RT di Kota Semarang direncanakan akan dilengkapi CCTV. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Semarang, Bambang Pramusinto, Jumat (23/8).

Dikatakan Bambang, saat ini hal tersebut sudah dalam tahap pengkajian standardisasi dari CCTV itu sendiri. “Penerapan CCTV di setiap RT tersebut masih dalam penggodokan oleh kita,” kata Bambang.

Progres pembahasan pemasangan CCTV masuk dalam rapat pembahasan tipologi jaringan dan spek CCTV. Rencananya, spek CCTV akan disamakan sebagai upaya untuk standardisasi dalam pemasangannya.

Adapun jumlah CCTV yang akan dipasang rencananya diperkirakan mencapai 10.872 unit. Jumlah itu sesuai dengan persebaran RT yang ada di 16 kecamatan di Kota Semarang. Masing-masing senilai Rp 3,4 juta untuk satu unitnya dari pagu yang diberikan Rp 3,5 juta.

Baca juga:  Pamerkan Produk UMKM dan Kesenian Lokal Wonolopo

Kegiatan ini diambilkan anggaran dari APBD Perubahan 2019 Kota Semarang. Diperkirakan penganggaran total mencapai Rp 41 miliar. “Penetapan anggaran keseluruhan masih dalam tahap menunggu. Kami hanya bertugas mengurusi permasalahan teknis saja. Anggaran diberikan ke masing-masing kecamatan,” ujarnya.

Adapun mekanisme pengadaan saat ini baru dibahas antara E-Katalog atau tender cepat. Direncanakan, lanjutnya, spek CCTV harus berbasis Internet Protocal Camera (IPCam) ditambah adanya jaringan rekaman video atau Network Video Recorder.

Sementara itu, untuk penentuan spot pemasangan, diserahkan kepada masing-masing RT. Pemasangan dilakukan secara menyeluruh di setiap RT, untuk menghindarkan kecemburuan jika hanya di RT tertentu saja.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan koordinasi dengan para camat, Kabag Pemerintahan, dan Kabag ULP. Dijelaskan Bambang adapun tujuan pemasangan CCTV tersebut dalam rangka pengawasan lingkungan.

Baca juga:  Genangan di Simpang Lima Kering Dalam Dua Jam

Seperti halnya pencegahan kriminalitas, juga mengidentifikasi pelanggar pembuang sampah sembarangan. “Maupun kecelakaan lalu lintas,” katanya. Kesemua CCTV tersebut akan terintegrasi melalui ruang monitor di Diskominfo Kota Semarang.

“Jumlah CCTV di setiap kecamatan akan berbeda-beda, tergantung jumlah RT yang ada,” ujarnya.

CCTV tersebut ditargetkan sudah dapat terpasang pada akhir 2019. Selama ini, untuk wilayah Jawa Tengah, konsep pemasangan CCTV di RT memang baru dilakukan Kota Semarang.

Harapannya, melalui pemasangan CCTV di setiap RT maka keamanan dan pengawasan lingkungan di Kota Semarang menjadi lebih terkendali. “Ini merupakan bagian dari usaha menuju Smart City. Pengintegrasian CCTV juga bisa dilakukan melalui lintas OPD maupun kelembagaan. Misalnya saja, kepada pihak kepolisian,” tuturnya. (ewb/aro)

Baca juga:  BST Tahap 10 Dibagikan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya