alexametrics

Cegah Stunting, Berikan 11 Ribu Zink

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Pemprov terus melakukan inovasi untuk menekan angka stunting terhadap anak-anak di Jateng. Salah satunya dengan program pemberian sirup zink untuk 11.927 bayi dan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil.

Upaya tersebut sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan gizi dan memantau perkembangan anak-anak sejak masih dalam kandungan. Komitmen tersebut sudah tertulis dalam Revisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Tengah 2018-2023.

Kebijakan dimasukkan dalam unsur prioritas, mengingat kasus stunting masih menjadi momok dan persoalan di Indonesia. Untuk itu, memang dibutuhkan komitmen dan kesadaran bersama agar kasus tersebut bisa diantisipasi dan angkanya semakin menurun.

“Program pemberian sirup zink untuk 11.927 bayi dan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil sangat bagus sebagai upaya menekan dan mencegah stunting di Jawa Tengah,” kata Ketua Pansus Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Tengah 2018-2023, Abdul Aziz.

Baca juga:  Cegah Stunting, Gencarkan Gerakan TTD di Sekolah

Ia menambahkan, stunting merupakan masalah serius dan membutuhkan komitmen bersama. Masyarakat juga perlu membangkitkan kesadaran pentingnya asupan gizi yang cukup kepada anak sehingga terhindar dari stunting.

“Orangtua harus cerdas dan benar-benar memperhatikan gizi, baik selama hamil sampai tumbuh kembang anak-anak. Keluarga faktor utama dalam mencegah stunting,” tambahnya.

Politisi PPP ini menambahkan, pemerintah juga harus lebih aktif dalam memberikan edukasi terkait program yang dinilai bisa menyadarkan para orang tua akan pentingnya asupan gizi yang baik kepada anak sehingga terhindar dari stunting. Stunting tidak hanya persolan kesehatan misalnya asupan gizi kepada masyarakat namun juga banyak hal lain yang dianggap memilki keterkaitan. “Ini juga erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. Jika semua sejahtera, tentu semua asupan akan terpenuhi,” ujarnya.

Baca juga:  Datang, Bawa KTP, Langsung Divaksin

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya