alexametrics

Keperawatan Unissula Antisipasi Perluasan Stroke

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Tim Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula bersama tim Puskesmas Bangetayu mengadakan pengabdian masyarakat di Kelurahan Bangetayu Wetan, Rabu (7/8) kemarin. Hadir pula Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan, Iwan Ardian SKM Mkep, Kepala Puskesmas Bangetayu dr Suryono Setyo Priyadi serta Lurah Bangetayu Wetan, Sugiarti.

Berbagai kegiatan dilakukan secara bertahap selama beberapa pekan oleh tim pengabdian. Mulai dari penyuluhan, pelatihan kader kesehatan untuk terampil dalam melakukan senam anti stroke untuk warga, serta pendampingan pelaksanaan Posyandu lansia.

Senam anti stroke dipandu oleh Ns Nutrisia Nu’im Haiya Mkep. Sedangkan pemeriksaan tekanan darah serta pemeriksaan kolesterol asam urat dan gula darah oleh Heny Tavifi SKM dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan sebagai fasilitator. Hal ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya Kelurahan Bangetayu Wetan, guna mencapai kesejahteraan seoptimal mungkin. Yakni, dengan melakukan promotif dan preventif terhadap penurunan angka kejadian stroke akibat tekanan darah tinggi yang diderita oleh beberapa masyarakat.

Baca juga:  Edukasi Lingkungan dengan Intimate Konser Jazz

Data yang didapatkan saat pelatihan senam, ada 9 dari 30 orang yang hadir mengalami tekanan darah tinggi. Sedangkan 2 di antaranya masuk dalam hipertensi tipe berat. Maka, dengan mengimplementasikan senam anti stroke ini, diharapkan menjadi tindakan pencegahan kejadian stroke. (*/bis/tri/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya