alexametrics

Banyak Mal Praktik dalam Jasa Psikolog

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Banyak laporan masyarakat terkait malpraktik layanan psikologi yang diduga dilakukan oleh sarjana psikologi atau psikolog yang tidak memiliki izin praktik, non psikolog maupun profesi lain yang memberikan layanan psikologi. Modusnya, orang tersebut memberikan register praktik psikolog di wilayah Jateng.

Hal tersebut terungkap dalam acara ‘Sosialisasi Persyaratan Pendirian Biro Psikologi’ yang dilaksanakan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jateng kerja bareng dengan Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, di Gedung Thomas Aquinas, kemarin. Sekaligus rangkaian perayaan HUT Hipsi ke-60.

Menyikapi hal itu, pihaknya menegaskan terkait adanya biro, praktik psikolog mandiri yang teregister telah dicantumkan di www. himpsijateng. or.id. Dengan demikian ia meminta masyarakat jangan terkecoh maupun tertipu dengan praktik-praktik ilegal.

Baca juga:  Anak dengan Cerebral Palsy Perlu Diberi Kepercayaan

“Masyarakat yang ingin menggunakan jasa psikologi di Jateng agar bisa mengakses psikolog yang beregister Himpsi. Kalau ada keluhan, kami lebih mudah melakukan verifikasi dan memberikan tindakan. Kami berencana meluncurkan program Hallo Himpsi melalui layanan psikologi via whatsapp,” kata Ouys Alkharani kepada Jawa Pos Radar Semarang, kemarin.

Dalam acara tersebut juga diadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan jalan sehat di sejumlah titip Area Car Free Day (CFD) di Jateng, dengan tema “Gayeng Bareng HIMPSI Jateng.”

“Acara itu merupakan bagian dari pelaksanaan program kerja kompartemen 2 Himpsi Jateng. Untuk sosialisasinya dihadiri 150 orang peserta dari berbagai perwakilan institusi pendidikan, instansi pemerintah, anggota himpsi, pemilik biro psikologi, layanan psikologi rumah sakit dan peserta umum,” imbuh Ketua Kompartemen 2 Himpsi Jateng Dr Kristiana Haryanti.

Baca juga:  Pemerintah Kecamatan Gayamsari Salurkan Bantuan ke Musala

Acara itu, dikatakannya, diadakan sebagai perwujudan tertib administrasi dan standar pendirian biro, lembaga, praktik mandiri psikologi, sekaligus sebagai acuan pelayanan jasa psikologi, serta upaya meminimalisasi mal praktik dalam pemberian jasa psikologi di wilayah Jateng. (jks/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya