alexametrics

Menyusui, Cegah Kematian Ibu dan Kanker

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Memberikan Air Susu Ibu (ASI) tidak hanya memberikan manfaat kepada bayi. Tapi juga dapat mencegah kematian ibu paska melahirkan.

Dijelaskan, dr Putri Sekar Wiyati, SpOG(K), spesialis kandungan RSUP dr Kariadi Semarang  bahwa ketika menyusui, ibu menghasilkan hormon yang dapat membuat fungsi organ kembali normal paska persalinan. Termasuk mencegah terjadinya perdarahan dan infeksi.

Selain itu, hormon tersebut juga mampu meningkatkan rasa bahagia pada ibu. Sehingga membuat ibu menyusui terjaga kesehatan mentalnya.

Sayangnya, masih banyak ibu enggan menyusui bayinya dan memilih memberikan susu formula. Mereka belum sadar pentingnya ASI untuk bayi. Lebih dari itu, dukungan dari keluarga dinilainya juga masih minim.

Baca juga:  Berbagi Pengalaman, Hendi Ajak Maba Perkaya Skill dan Kreativitas

”Sebenarnya sejak hamil harus ada edukasi mengenai pentingnya memberikan ASI kepada bayi. ASI esklusif hingga 6 bulan. Dan setelahnya diberikan sampai umur dua tahun,” jelasnya pada peringatan Pekan ASI sedunia di Jalan Pahlawan Semarang Minggu (18/8).

Dikatakan, biasanya, kendala memberikan ASI pada bayi terjadi pada ibu-ibu yang bekerja. Seringkali cuti yang didapat tidak cukup untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. ”Tapi kalau ini bisa dilakukan dengan stok ASI. Kualitasnya sama,” jelasnya.

Mengenai manfaat menyusui, selain mencegah kematian ibu, juga dapat menurunkan risiko kanker payudara pada ibu. Dikatakan dr Ch Hari Nawangsih, SpRad.(K).Onk. Rad, Spesialis Radiologi Konsultan Onkologi Radiasi RSUP dr Kariadi bahwa dari sejumlah penderita, risiko tertinggi kanker terjadi pada ibu yang tidak menyusui anaknya secara langsung.

Baca juga:  Anak Penerima ASI dan Anak Pendonor Kini Akrab

”Jadi memang ASI itu selain sehat untuk anak juga sehat untuk ibunya. Ada hormon yang dirangsang ketika ibu memberikan ASI nya kepada anak. Sehingga mencegah terjadinya kanker,” jelasnya. (sga/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya