alexametrics

Realisasi Investasi Capai Rp 15,94 T

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Realisasi investasi atau penanaman modal di Kota Semarang membawa angin segar bagi perekonomian. Data Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mencatat realisasi penanaman modal pada semester I tahun ini mencapai Rp 15,94 triliun.

Kepala DPMPTSP Kota Semarang Ulfi Imran Basuki menjelaskan, realisasi penanaman modal sebesar Rp 15,94 triliun ini berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 14,36 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp 1,58 triliun. “Realisasi ini tumbuh 14,96 persen year on year (yoy) dibandingkan penanaman modal pada semester I pada tahun lalu yang sebesar Rp 13,86 triliun,” katanya.

Ia menjelaskan, faktor pendorong investasi yang bergairah di Semarang lantaran kota lunpia ini dikenal sebagai kota yang  aman dan nyaman bagi pelaku usaha dalam menanamkan modal. Selain itu, Pemkot melakukan berbagai upaya untuk memudahkan perizinan. “Sejak pencanangan Online Single Submission (OSS), kita berupaya agar perizinan lebih mudah dan terintegrasi dalam satu atap dan lebih cepat,” ujarnya.

Baca juga:  Tarik Investor, Bupati Wonosobo Lakukan Ini

Menurut Ulfi, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), target investasi pada 2019 sebesar Rp 18,5 triliun. Pemkot Semarang terus berupaya agar target yang dicanangkan bisa terlampaui. “Kita nggak akan terpancang target, kita berupaya maksimal untuk bisa melampaui target,” jelasnya.

Adapun, realisasi investasi Rp 15,94 triliun pada semester I/2019 berasal dari 936 perusahaan dan menjaring 23.162 orang tenaga kerja WNI. Perinciannya, perusahaan PMA ada 25 unit dengan tenaga kerja 575 orang, dan perusahaan PMDN 911 unit dengan tenaga kerja 22.587 orang. “Sektor utama yang mendorong investasi pada Januari—Juni 2019 ialah konstruksi, perumahan, kawasan industri, dan perkantoran,” jelasnya. (den/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya