alexametrics

Fajar Senang Bisa Sekolah Gratis

Pemprov Tambah 15 SMK Jateng

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Di ulang tahun Jawa Tengah ke-69, seorang siswa terpenuhi keinginannya bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bahkan, ia bertemu dengan orang nomor satu di Jateng ini di atas panggung inspektur upacara, saat upacara, dan disaksikan ribuan peserta upacara. Saat HUT Jateng di Lapangan Pancasila Semarang, Kamis (15/8).

Dia adalah Fajar Jaka Surya, siswa baru SMK Jateng. Ia dipanggil secara khusus oleh gubernur di tengah-tengah sambutannya. Ia dipanggil karena surat yang dikirimkan ke gubernur beberapa waktu lalu.

UCAPAN SELAMAT: Rombongan Jawa Pos Radar Semarang dipimpin Direktur Baehaqi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dengan menyerahkan bunga dan poster kepada Gubernur Ganjar Pranowo. (ADIT/RADARSEMARANG.ID)
UCAPAN SELAMAT: Rombongan Jawa Pos Radar Semarang dipimpin Direktur Baehaqi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dengan menyerahkan bunga dan poster kepada Gubernur Ganjar Pranowo. (ADIT/RADARSEMARANG.ID)

Dari barisan pramuka, siswa berperawakan kurus berjalan menuju panggung inspektur upacara. Mencium tangan gubernur. Keduanya berbagi tempat.

Dalam suratnya, yang kembali diceritakan gubenur, siswa asal Pemalang ini diminta ibunya menyampaikan ucapan terima kasih kepada gubernur. Sebenarnya, Fajar ingin bertemu langsung dengan gubernur untuk menjalankan perintah ibunya. Hanya saja, peraturan di sekolah tidak memungkinkan. Ia juga tidak bisa menggunakan media sosial karena memang dilarang membawa smartphone.

Ngapuntene Pak, kemarin sebelum berangkat ke Semarang, saya dapat pesan dari ibu untuk mengucapkan terima kasih ke Pak Ganjar. Karena saya diterima di sini dan semuanya gratis,” tulis Fajar dalam surat yang disampaikan ke Gubernur melalui gurunya. Tulisan tangannya cukup rapi. Dapat dilihat di postingan Instagram @Ganjar_Pranowo.

Ibunda Fajar adalah seorang buruh tenun dengan penghasilan Rp 23 ribu per bulan. Ia sangat bersyukur karena anaknya bisa bersekolah di SMK Jateng yang semuanya serbagratis.

Baca juga:  Kurangi Kemacetan, Pemkot Semarang Buat Jalan Tembus Jangli-Undip

Dalam surat, anak ke-6 dari 8 bersaudara ini juga bercerita mengenai kondisi ibunya di Pemalang yang harus merawat nenek, kakak yang sakit dan satu adik yang masih SMP. Tanpa bapak. Sebelum ke Semarang, ia masih bisa membantu ibunya dari penghasilannya mengajar ngaji.

Mengulang harapan yang ia tulis dalam surat, Fajar menyampaikan kembali keinginannya di hadapan gubernur. Ia ingin agar lebih banyak sekolah-sekolah seperti SMK Jateng. Karena keberadaannya sangat membantu siswa miskin seperti dirinya. ”Semoga lebih banyak sekolah-sekolah seperti SMK Jateng. Sehingga anak-anak seperti saya bisa sekolah,” ujarnya. Gubernur menatap haru.

Gayung bersambut, usai upacara Gubernur mengatakan bahwa pemerintah akan menambah 15 sekolah gratis untuk masyarakat miskin Jawa Tengah. Sejenis dengan SMK Jawa Tengah yang saat ini dimiliki provinsi di tiga daerah. Yakni, Kota Semarang, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Purbalingga.

Baca juga:  Kedepankan Musyawarah dan Silaturrahim dalam Mengambil Kebijakan

”Rencananya di setiap kabupaten/kota, sehingga memudahkan aksesnya. Sebanyak 15 itu Insya’Allah di Jawa Tengah bagian Utara, Selatan, Timur, dan Barat. Akan dibangun bertahap,” jelasnya.

Tidak hanya itu, gubernur juga sedang membicarakan bersama DPRD provinsi Jawa Tengah terkait usulan kita terkait RAPBD 2020. Sebanyak 1,6 Triliun anggaran akan ditambahkan untuk pendidikan di Jawa Tengah. Harapannya, meningkatkan SDM. ”Agar sekolah bisa bebas. Mereka yang tidak tidak mampu bisa punya kesempatan sekolah lebih tinggi. Mudah mudahan bisa mengkover,” tandasnya.

”Masih banyak Fajar-Fajar yang lainnya, dan kami ingin membantu mereka,” ujar Ganjar dengan  nada rendah. Hadiah bagi masyarakat Jawa Tengah di ulang tahun provinsi yang ke-69.

Upacara HUT ke-69 Jateng bertema “Ngrumat Bebrayan Mbangun Jawa Tengah” ini dihadiri ribuan peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari Organisasi Perangkat Daerah, siswa, santri dan tamu undangan lainnya. Termasuk Forkopimda Jawa Tengah. Tampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono beserta istri. Hadir pula Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi beserta istri.

Baca juga:  Siapkan Rp 1 Triliun untuk Sekolah Gratis

Dalam upacara yang dimulai pukul 07.00 ini juga disampaikan penganugerahan tanda kehormatan satya lencana karya satya 10, 20, dan 30. Juga penghargaan kepada pemenang lomba. Kepada para penggerak masyarakat menjadi lebih maju.

Tampak pula jajaran manajemen Jawa Pos Radar Semarang memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Gubernur Ganjar Pranowo. Dipimpin Direktur Baehaqi, jajaran diterima gubernur usai berlangsungnya upacara.

”Selamat ulang tahun ke-69 Jawa Tengah. Semoga Jawa Tengah semakin maju. Semoga Pak Gubernur bersama wakil gubernur bisa menjadikan masyarakat semakin sejahtera,” ucap Direktur Radar Semarang dengan menyerahkan rangkaian bunga. Disambut dengan sikap menengadahkan tangan gubernur tanda mengamini.

Dalam kesempatan ini, Pimpinan Redaksi Arif Riyanto juga menyerahkan poster bergambar Gubernur Ganjar Pranowo, Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen dan Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono. Ketiganya mengendarai sepeda motor dengan tulisan: Ganjar-Yasin Gass Poll…!!! Majukan Jawa Tengah.” (sga/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya