alexametrics

Job Fair Disnaker,  Buka 3.105 Lowongan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang kembali mengadakan job fair ke dua pada tahun 2019. Kali ini digelar di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kota Semarang.

Kepala Disnaker Kota Semarang, Iwan Budi Setiawan mengaku sengaja memilih tepat tersebut agar dapat mengenalkan BBPLK kepada pencari kerja. Sehingga jika nanti belum beruntung memperoleh pekerjaan melalui job fair mereka dapat mendaftar untuk mendapatkan pelatihan kerja pada tempat tersebut. Dirinya mengaku prihatin pasalnya sampai saat ini minat pencari kerja asli Semarang untuk mengikuti  kegiatan pelatihan kerja masih minim. Padahal Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dapat menjadi wadah agar pencari kerja bisa menambah skill dan kompetensi sehingga siap bersaing di dunia kerja.

Baca juga:  Pemula Putri Semarang Disingkirkan Pemain PB Djarum

“Yang saya lihat LPK di Semarang masih didominasi dari luar daerah. Padahal seharusnya pencari kerja Semarang yang lebih aktif untuk mengikuti kegiatan tersebut. Menurut asumsi saya mungkin mereka gengsi dan malu jika berasal dari kota besar namun mengikuti LPK. Padahal kemungkinan besar mereka langusng penepatan setelah mengikuti LPK sangat besar. Sayang sekali jika pencari kerja asli Semarang tidak memanfaatkan hal tersebut,” ujarnya saat pembukaan job fair Selasa (13/8).

Dirinya menambahkan meski begitu, Kota Semarang berhasil menurunkan angka pengangguran dari sebelumnya 6,61 persen pada 2017, saat ini menjadi 5,29 persen atau sekitar 48.000 warga. Sehingga dengan terus adanya sosialisasi LPK dan pelaksanaan job fair diharapkan angka pengangguran akan semakin turun.

Baca juga:  Berbasis Teknologi Informasi

Job fair kali ini kami mengajak 49 perusahaan baik bidang industri maupun perhotelan dengan menyediakan 40 stand bagi mereka. Untuk target pendaftar kali ini kami tidak ada. Yang terpenting dari 3.105 lowongan yang tersedia semoga terisi semua,” imbuhnya.

Syam Wirahma, salah satu pencari kerja mengaku cukup terbantu dengan adanya job fair yang difasilitasi oleh pemerintah. Meski peluangnya sedikit dengan perbandingan lowongan dan pencari kerja yang tidak berimbang, ia mengaku tetap semangat dan berusaha dapat menampilkan kualitas diri untuk dapat bersaing dengan lainnya.

“Setidaknya melalui job fair kita bisa dipertemukan dengan perusahaan yang menyediakan jasa. Sehingga saya juga menambah pengetahuan mengenai perusahaan yang ada di Semarang,” ujarnya. (akm/zal)

Baca juga:  Tangkap Peluang Kebutuhan Industri

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya