alexametrics

Danramil Keliling Edukasi Pemasangan Bendera Merah Putih

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Pemasangan bendera merah putih sebulan penuh sudah menjadi tradisi ketika peringatan HUT kemerdekaan RI. Namun, masih ditemui warga yang tidak memasang bendera. Bahkan ada yang memasang tapi asal. Sebagai upaya sosialisasi aturan pemasangan bendera, Koramil 13 Semarang Selatan bersama jajarannya menggelar sosialisasi di wilayah hukumnya kemarin (13/8).

“Masih banyak ditemui di lapangan masyarakat yang belum memasang bendera. Namun ada pula yang memasangnya tidak sesuai aturan. Misalnya dipasang dengan posisi miring dengan tiang penuh ikatan dan menempel di pohon. Ada pula dipasang di tengah perempatan dan dibiarkan lusuh atau kotor,” ungkap Mayor Inf Rahmatullah Archan.

Atas temuan tersebut, Danramil dengan segenap Babinsa langsung memanggil warga dan memberi pengetahuan seputar pemasangan bendera sesuai dengan aturan yang berlaku, misalnya harus berdiri tegak dan berada pada tempat yang terbaik. Bukan menempel tembok atau di atas selokan atau saluran. Disarankan bendera pada posisi bebas berkibar.

Baca juga:  Sekolah Tatap Muka Sistem Sif Maksimal Tiga Jam

“Masih banyak warga yang belum paham tentang aturan pemasangan bendera. Dengan adanya penjelasan ini justru mereka berterima kasih kalau diberitahu dan akan mensosialisasikan ke warga lainnya. Kami sampaikan, pemasangan bendera berbeda dengan pemasangan umbul-umbul. Sebab bendera merupakan salah satu simbol atau lambang kehormatan tertinggi Negara. Karena itu harus dihormati dan dijaga kerhormatannya,” jelas Rahmatullah yang juga mantan Danramil Danurejan Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut Koramil 13 Semarang Selatan memberikan bendera Merah Putih kepada warga yang kedapatan benderanya sudah lusuh dan kusam warnanya. (hid/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya