alexametrics

Minta Segera Sahkan Peraturan Barang Impor

Barang BM Rugikan Penjual

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Maraknya penjualan gadget ilegal membuat penjual barang original resah. Mereka minta pemerintah segera mengesahkan peraturan terkait pendaftaran IME untuk seluruh barang impor.

Branch Manager Top Erlangga Computer, Sri Rahayu mengharapkan supaya pemerintah segera mengesankan peraturan barang Black Market (BM). “Bukan tentang penjualan, lebih tepatnya persepsi yang tertanam di masyarakat itu yang lebih bahaya. Mereka berpikir hanya karena terpaut harga Rp 400 ribu, merelakan beli barang BM. Tetapi setelah rusak tidak bisa diperbaiki,” ungkapnya ketika ditemui di tokonya, Senin (12/8).

Hal senada diungkapkan Koordinator Area Mega Store Tlogosari, Muhmmad Sulthon Agung. Bahwa pemblokiran barang ilegal memang harus dilakukan. Pendaftaran IME pada barang elektronik maupun gadget impor sangat penting. Ia mengatakan kurangnya edukasi terkait barang BM menjadi problem tersendiri.

Baca juga:  Tuntaskan PR 1.512 Ha Kawasan Kumuh

“Kalau diitung-itung sebulan 20 orang datang ke toko kami membawa hanphone dan bertanya bagaimana cara memperbaikinya. Setelah kami cek, ternyata nomor IME tidak terdaftar. Parahnya lagi, beberapa orang itu tidak paham jika itu barang ilegal,” ungkapnya.

Jika dibiarkan, imbuhnya, penjual barang original dengan toko kecil akan gulung tikar. Mereka kehabisan pangsa pasar. Ia juga meminta masyarakat untuk waspada terhadap barang BM. Kondisi barang BM sudah pasti tidak dalam kondisi baik 100 persen. “Biasanya baterainya tidak asli, cuma bertahan setengah tahun. Itu sudah biasa dan justru menyusahkan pembeli sendiri,” tambahnya. (ria/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya