alexametrics

Hotel Bintang Empat Diburu Traveler

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Hotel bintang empat di Jawa Tengah, kembali diminati oleh para traveler dibandingkan hotel bugdet. Data yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) pada Juni meningkat 13,91 persen dari bulan sebelumnya.

Kepala BPS Jateng, Sentot Bangun Widoyono, mengatakan jika kenaikan TPK juga terlihat saat diperbandingkan dalam periode yang sama pada tahun sebelumnya, meski hanya sekitar 2,98 persen. Namun untuk TPK terbanyak adalah hotel bintang empat. “TPK tertinggi ditempati oleh hotel bintang empat dengan 54,59 persen. Sedangkan paling kecil hotel bintang 1 sebesar 34 persen,” katanya.

Meski bintang empat mengalami peningkatan TPK tertinggi, jelasnya, secara keseluruhan hotel bintang satu hingga lima mengalami kenaikan TPK pada bulan Juni lalu. Hal ini diperkirakan karena banyaknya event di Semarang, sehingga okupansi hotel mengalami peningkatan. “Hampir semua hotel bintang mengalami peningkatan, namun hotel bintang empat mengalami peningkatan TPK tertinggi,” jelasnya.

Baca juga:  Pemudik Asal Banyumas Kecopetan di Kapal, Tabungan Bekerja Selama Dua Bulan Ludes

Naiknya TPK hotel di Semarang, juga dialami oleh Aston Inn Pandanaran yang mengalami peningkatan okupansi dan revenue dari tahun ke tahun. Hotel tersebut menyebut sudah mengalami peningkatan revenue sebesar 30 persen dari tahun lalu.

“Peningkatan revenue ini karena ada beberapa event level nasional dan internasional yang ada di Kota Semarang. Misalnya Juni dan Juli ada Apeksi, ASEAN School Games, dan MX GP yang berhasil mendongkrak okupansi,” tambah General Manajer Aston Inn, Yuni J Manicha.

Pada bulan tersebut, lanjut dia, okupansi hotel menyentuh angka 85 persen lebih. Atas capaian itu, ia mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang yang menurutnya telah sukses menggelar event tingkat internasional hingga berdampak ke industri pariwisata. “Pada dasarnya perhotelan siap diajak berkolaborasi dengan pemerintah untuk membuat event tahunan,” ucapnya. (den/ida)

Baca juga:  Kapolda: Dari Jawa Tengah Kita Cinta Papua

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya