alexametrics

Tambah Tiga Kawasan Industri

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANGPemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membangun kawasan industri baru di tiga daerah, yakni di Kebumen, Brebes dan Rembang. Pembentukan kawasan industri baru ini dilakukan untuk menggenjot investasi di Jateng.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng Arif Sambodo mengatakan, ketiga daerah yang rencananya akan dibuat kawasan industri ini punya potensi besar untuk menarik investasi. Saat ini prosesnya sedang memasuki tahap studi kelayakan. “Selain itu juga masih ada peninjauan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” katanya, Jumat (9/8).

Ia menjelaskan, Brebes, Kebumen, dan Rembang punya potensi yang bagus dan cerah sebagai kawasan industri dan memajukan perekonomian di Jateng. Brebes bisa menampung luapan investor dari Jawa Barat yang ingin masuk ke Jateng. “Kebumen ini bisa jadi pengembangan agroindustri, dan tepat jika adanya pengembangan bandara baru di Jogja dan Purbalingga. Untuk Rembang, dipilih karena adanya industri semen di sana,” tambahnya.

Baca juga:  Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Angin Kurang Optimal

Sebelumnya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Soekowardojo mengatakan, kawasan industri yang terintegrasi akan menarik investor menanamkan modal. Di wilayah Pantura Jawa, telah tersedia jaringan jalan tol dan akses yang dekat menuju pelabuhan.

“Kawasan Pantura Barat dari Brebes dan Semarang, serta daerah Solo dan sekitarnya dengan adanya tol bisa menjadi pertumbuhan ekonomi baru berupa kawasan industri,” jelasnya.

Menurut dia, adanya infrastruktur yang memadai akan membuat kawasan ini memiliki potensi besar dilirik investor. “Wilayah di Jawa Tengah yang potensial dibentuk kawasan industri baru terbentang dari jalur Pantura bagian barat lalu turun ke Solo dan sekitarnya, mengikuti jalur tol,” ujarnya. (den/ton)

 

Baca juga:  Polisi Gerebek Sebuah Rumah di Semarang, Diduga Kantor Pinjol Ilegal

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya