alexametrics

Segera Tetapkan 120 Legislator

Rapat Pleno Digelar 10 Agustus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID SEMARANG–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng akan segera menetapkan 120 anggota DPRD Jateng terpilih pada Pemilu 2019 lalu. Rencananya, penetapan legislator untuk masa jabatan 2019-2024 itu akan dilakukan pada rapat pleno yang digelar Sabtu, 10 Agustus mendatang.

Anggota KPU Jateng, Putnawati mengatakan bahwa sesuai Peraturan KPU (PKPU) nomor 14/2019 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019, KPU harus menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih maksimal 5 hari setelah menerima salinan putusan MK.

”Hari ini, putusan untuk Jateng dari beberapa partai sudah selesai. Setelah sudah ada salinan putusan dari MK, paling lambat tanggal 12, kami sudah melaksanakan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih,” ujarnya saat dijumpai di Semarang, Rabu (7/8) kemarin.

Baca juga:  Tunggu Calon dari Parpol

Setelah penetapan ini, praktis tugas KPU pada Pemilu 2019 sudah rampung. Untuk selanjutnya, ia terangkan, kewenangan KPU adalah memberikan salinan kepada pemerintah daerah untuk pengusulan pelantikan DPRD Provinsi Jateng. ”Ini tugas KPU sudah selesai. Terkait proses pelantikan menjadi wilayah pemerintah daerah masing-masing,” jelasnya.

Pascarampung Pemilu serentak 2019, pihaknya akan fokus pada persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di 21 kabupaten/kota Jateng. Sejauh ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU di 21 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada pada 2020 mendatang.

Koordinasi di antaranya terkait pengusulan rancangan anggaran belanja Pilkada 2020. Beberapa kota/kabupaten sudah mencapai kesepakatan dengan pemerintah daerah. Sementara beberapa lainnya masih pada proses rasionalisasi standar biaya.

Baca juga:  KPU Kabupaten Pekalongan Usulkan Sepatu Boots dan Jas Hujan Jadi Logistik Pemilu

”Di draft PKPU untuk Pilkada 2020, tahapan itu tanggal 1 Oktober ini masing-masing kabupaten/kota dan Pemda harus sudah melakukan penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah). Jadi proses ini sudah mulai tahapan untuk Pilkada,” jelasnya.

Dikatakan, usulan tertinggi adalah di kabupaten/kota dengan jumlah pemilih yang banyak. Seperti Kebumen dan Pemalang. ”Ini kan masih proses rasionaliasasi jadi kami belum tahu. Kami harapkan kepada kabupaten/kota awal September sudah fiks terhadap jumlah anggaran yang disetujui KPU dan pemerintah daerah,” pungkasnya. (sga/ida)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya