alexametrics

Ibu-Ibu Kreatif, Olah Buah yang Melimpah Jadi Aneka Makanan dan Sirup

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Buah-buahan yang melimpah menjadikan warga semakin kreatif. Kelompok usaha bersama Sekar Tani Kelurahan Purwosari Kecamatan Mijen pun mengolah buah-buahan menjadi aneka makanan dan sirup.

“Awalnya melihat pohon buah kerap berbuah banyak, jika dibiarkan membusuk, akhirnya dibuat aneka makanan dan sirup,” kata Julikah selaku ketua Kelompok Usaha Bersama Sekar Tani.

Seperti Cocktail dan sirup markisa ketika musim buah perlu penanganan yang berkesinambungan baik oleh warga maupun pemangku wilayah, khususnya kelurahan atau kecamatan agar memanfaatkan buah tersebut dikelola dengan cara lainnya seperti dibuat makanan atau sirup.

Selama ini petani hanya menjual hasil panennya secara mentah ke pasar. Banyak buah yang busuk karena tidak tahan lama, melihat kondisi ini warga Mijen, khususnya warga Purwosari tak ingin selalu merugi.

Baca juga:  Pemecatan Sah, Suteki Banding

Di sekitar kawasan kebun buah di Kecamatan Mijen, Kelompok KKN Keilmuan UNNES 2019 membantu warga. Khususnya ibu-ibu dalam mengolah buah-buahan yang ada agar memiliki daya jual yang lebih tinggi dan tahan lama, serta memberikan labeling dan merek dagang untuk hasil produk mereka.

Dari kelompok KKN Keilmuan UNNES juga memberikan edukasi akan pentingnya higienitas suatu produk yang akan dikonsumsi khususnya aneka olahan buah.

”Harapan dari kami Kelompok KKN Keilmuan UNNES hasil produknya dapat dijual di Argo Wisata Purwosari sehingga dapat mendongkrak ekonomi warga sekitar,” kata Gias Agrianto selaku Ketua KKN Keilmuan UNNES 2019. (*/web/ap)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya