alexametrics

Festival Cheng Hoo Masuk 100 Wonderful Events

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Ribuan warga dari berbagai daerah mengikuti kirab memperingati kedatangan Laksamana Cheng Hoo mendarat di Kota Semarang, Minggu(4/8). Dalam peringatan ke-614 tersebut, warga berjalan kaki dari Kelenteng Tay Kak Sie menuju Kelenteng Sam Poo Kong. Arak-arakan menuju Kelenteng Sam Poo Kong dilakukan mulai pukul 05.00 melewati sejumlah jalan protokol di Kota Semarang. Di antaranya, melewati Jalan Gang Pinggir, Wot Gandul Timur, Wot Gandul Barat, Plampitan, Kranggan Barat, Depok, Pemuda, MGR Soegijapranata, Bojong Salaman, dan Jalan Simongan.

Kemudian tepat pukul 13.00, rombongan keluar dari Kelenteng Sam Poo Kong dan kembali ke Kelenteng Tay Kak Sie dengan menggunakan truk dan berhenti di Jalan Beteng. Dilanjutkan rombongan berjalan kaki melewati beberapa kelenteng dan berhenti untuk memberikan penghormatan di kawasan Pecinan tersebut.

Baca juga:  Tambah Titik Parkir Elektronik di Jalan Depok, MH Thamrin dan Gajahmada

“Untuk perayaan kedatangan Laksamana Cheng Hoo ini umat berjalan kaki dengan melewati beberapa jalan protokol di Kota Semarang. Masyarakat menyambutnya dengan berdiri di pinggir jalan protokol tersebut,” kata Humas Kelenteng Tay Kak Sie Sindoro didampingi oleh Andrianus.

Sindoro mengatakan, perayaan kedatangan Laksamana Cheng Hoo ini di Kota Semarang mencerminkan jiwa Bhinneka Tunggal Ika serta dapat membangkitkan antusias masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisata ke Jawa Tengah.  “Peringatan kedatangan Laksamana Cheng Hoo setiap tahun ini bertujuan agar jejak tilasnya selalu diingat dan dihayati dengan senantiasa menabur persaudaraan dan merangkai persatuan, yakni persatuan dan kesatuan Indonesia,” akunya.

Dijelaskan, sebelumnya di Kelenteng Tay kak Sie pada Sabtu (3/8) juga dilakukan penerimaan kiemsin tamu dari kelenteng peserta kirab yang berjumlah enam kelenteng. Kemudian tepat pukul 19.00 dilakukan sembahyang kebesaran serta tepat pukul 00.00 abu Kongco Sam Poo Tay Djien diberangkatkan menuju Kelenteng Sam Poo kong.

Baca juga:  Bus Luar Kota Masih Enggan Masuk Terminal Mangkang

“Setelah Cia dan Hu Locu membawa abu Kongco Sam Poo Tay Djien menuju Kelenteng Sam Poo Kong, dilanjutkan dengan umat berjalan menuju kelenteng tersebut,” katanya.

Untuk Senin (5/8) hari ini, kata dia, digelar pemilihan Cia dan Hu Locu Kongco Sam Poo Djien di Kelenteng Tay Kak Sie yang dilanjutkan dengan pertunjukkan wayang potehi di halaman kelenteng. “Setelah terpilihnya Cia dan Hu Locu, dilanjutkan dengan pergelaan wayang potehi di halaman kelenteng,” tambahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang Indriyasari mengatakan, Festival Cheng Hoo 2019 yang berlokasi di Kelenteng Sam Poo Kong merupakan acara yang masuk ke dalam “100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata 2019”

Baca juga:  Beli Ganja Secara Online, Diedarkan di Lingkungan Kampus

“Kita patut bersyukur karena festival ini masuk menjadi 100 kalender event nasional, karena acara ini merupakan sebuah atraksi pariwisata menarik di kota ini,” katanya.

Ketua Pelaksana Top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan, sebagai salah satu kota yang disinggahi pada jalur Pelayaran Laksamana Cheng Hoo, adalah Kota Semarang yang memiliki akulturasi budaya yang kuat.

“Bukan saja sajian atraksinya, tetapi juga destinasi yang ada di Semarang. Untuk itulah, Kemenpar sangat antusias mendukung festival ini, untuk semakin membangun pariwisata Semarang. Dan pariwisata di Kota Semarang sangat potensial untuk dikembangan,” ujarnya. (hid/aro)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya