alexametrics

Perbaikan Akses Telomoyo Telan Rp 2,3 M

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus menggarap potensi wisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya, yang saat ini sedang dilakukan, perbaikan akses menuju puncak Telomoyo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bima Marga dan Cipta Karya Hanung Triyono mengatakan, dalam jangka pendek, pengerjaan ini untuk menyiapkan event gantole internasional. Sedangkan jangka panjang, untuk menarik wisatawan domestik menuju ke objek wisata ini.

Sebab, objek wisata ini memiliki potensi yang bagus berupa panorama beberapa gunung di Jawa Tengah. Sehingga akses yang baik, dikatakannya, memang sangat diperlukan.

Perbaikan dilakukan pada jalan sepanjang 1,6 km dengan pengerjaan beton. Mulai dari dusun Pager Gedog, Kabupaten Semarang sampai arah venue paralayang. Pemeliharaan jalan ini menelan anggaran sebesar 2,3 miliar menggunakan APBD tahun anggaran 2019.

Baca juga:  Bangun Kawasan Edutaimen Seluas 45 Hektare

Saat ini pengerjaan sudah mencapai  30 persen. Sesuai kontrak, pengerjaan yang dimulai 11 Juli lalu ini akan rampung pada 23 September mendatang. Meski demikian, dikatakan, awal September ditargetkan selesai.  ”Saat ini proses pembetonan sudah mencapai 500 meter dari total yang dikerjakan 1,6 km,” ujarnya Jumat (2/8).

Selanjutnya, untuk bahu jalan dan pemeliharaan akan diserahkan kepada kabupaten Magelang dan kabupaten Semarang. Terutama dengan gotong royong warga karena memang akses ini sangat diperlukan warga masyarakat.

”Kemarin waktu pembukaan lahan juga melibatkan masyarakat. Swadaya masyarakat bagus,” ujarnya.

Akses ini juga ditujukan untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar. Setelah dibuka nanti, diharapkan akan banyak wisatawan domestik menuju Telomoyo. (sga/zal)

Baca juga:  Kini Izin Tambang Bukan Logam dan Batuan Didelegasikan ke Daerah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya